Jebakan Finansial Menghantui Kehidupan Kita

Jebakan Finansial Menghantui Kehidupan Kita

Jebakan Finansial Menghantui Kehidupan Kita Melekkeuangan
Hindari Jebakan Batman

Hari ini kalau anda sadari banyak sekali jebakan jebakan finansial disekitar kita. Hal ini kalau tidak anda sikapi dengan bijak maka bisa membuat pengelolaan keuangan anda kacau berantakan.

Dan semua jebakan jebakan itu bermuara pada satu hal yang bernama Hutang Konsumtif. Memiliki Hutang konsumtif apapun bentuknya hanya akan memberikan lebih banyak kerugian daripada keuntungan.

Hutang konsumtif memungkinkan anda memiliki gaya hidup lebih kaya daripada sesungguhnya. Yang jadi problem besar adalah memiliki gaya hidup seperti orang kaya saat ini membuat anda tidak bisa betul betul kaya dimasa yang akan datang. Orang yang punya hutang konsumtif masa depannya menjadi suram. Hidupnya menjadi serba terbatas tak bebas penuh tekanan…

Apa saja jebakan jebakan finansial yang ada sekarang ini…Yuk kita bahas satu per satu..

 

5 Jebakan Finansial Disekitar kita

 

1.  Sale (DISKON)

Pernahkah anda sedang berjalan jalan di mall dengan tujuan hanya makan siang dan setelah berjalan anda melihat tulisan besar disalah satu outlet SALE 50%. Melihat tulisan itu tanpa sadar anda masuk kedalam toko itu dan akhirnya anda melenceng dari tujuan awal anda dari sekedar makan siang menjadi belanja. Kadang hanya gara gara sale orang membeli barang yang belum tentu dia butuhkan.

Pembelian barang diluar dari anggaran bulanan yang sudah dibuat, membuat anda harus mengeluarkan uang extra. Terlebih jika anda memebeli barang diskonan dengan kartu kredit karena anda tidak memiliki dana cash untuk membelinya. Hal tersebut akan membuat anda memiliki hutang baru berupa tagihan kartu kredit dibulan depannya. Solusinya berpikirlah 2 kali sebelum membeli suatu barang apakah itu memang kebutuhan atau hanya keinginan anda saja.

2.  Cicilan 0 %

Nah ini menarik sekali. Hari gini banyak sekali barang yang bisa anda beli dengan program ini seperti  cicilan 0 %. Sekilas hal ini sangat menarik sekali karena jika anda berbelanja HP baru dengan harga 6.000.000 anda hanya perlu mencicil 500.000 saja setiap bulannya..Tetapi anda harus ingat jika menggunakan program ini anda harus membayar cicilan ini setiap bulan. Kalau anda tidak membayar penuh tagihan bulanannya percuma saja cicilan 0% karena anda tetap dikenakan bunga 26% per tahun.

Biasakanlah menabung untuk membeli barang yang anda inginkan sehingga anda tidak akan mudah terbujuk dengan banyak jebakan financial salah satunya adalah program cicilan 0%.

3.  Rayuan KTA

Apakah KTA itu  ? kalau saya bilang ini adalah kredit tanpa ampun. hehe.. saya hanya bercanda. KTA itu adalah Kredit Tanpa Agunan. Pernahkan anda mendapat penawaran KTA ini dari telepone atau sms. Ingatlah selalu bahwa hutang konsumtif apapun adalah racun sehingga jangan murah terbujuk rayu dari penawaran KTA ini.. Perlu anda ketahui bahwa kredit ini tidak memerlukan agunan atau jaminan. Sehingga bank penerbit mengenakan bunga yang lebih tinggi daripada kredit pada umumnya.

Walaupun bunga yang ditawarkan sales hanya 1% per bulan..Catat baik baik bahwa ini adalah bunga flat dimana kalau kita hitung lebih cermat lagi sebetulnya bunga yang anda bayar bisa 2x lipat . Karena jika kita benar benar menghitung sebenarnya bunga efektifnya bisa 2% per bulan. Dikesempatan lain saya akan detailkan bagaimana perhitungan bunga efektif dan bunga flat agar anda tidak masuk jebakan batman. hehehe

4.  Kartu Kredit Tambahan

Kartu kredit tambahan hanya akan membuat anda belanja lebih banyak lagi. Bagi anda yang belum memiliki mentalitas yang benar tentang uang hal ini bisa berbahaya. Karena misal anda memiliki kartu kredit baru dengan limit 10.000.000 maka anda akan langsung merasa bahwa ada dana 10juta yang siap untuk kita pakai. Biasakanlah menggunakan kartu debit setiap anda berbelanja . Dengan begitu anda tidak akan mendapat surat cinta berupa tagihan setiap bulannya. Hutang konsumtif bukanlah alat mencapai tujuan financial.

Ketika penawaran ini ditawarkan kepada anda bersikaplah tegas untuk menolak . Anda hanya perlu memiliki 1 kartu kredit dengan limit yang cukup untuk menunjang aktivitas anda seperti berbelanja di internet, menggunakan pembayaran bulanan untuk listrik,air, atau asuransi. Jangan sekali kali anda menggunakan untuk berbelanja yang sifatnya konsumtif.

5.  Investasi Bodong

Hasrat manusia yang ingin cepat kaya dengan cara instan membuat banyak orang tergiur dengan banyaknya investasi bodong. Dengan iming iming imbal hasil yang besar banyak sekali orang yang terpedaya dengan penawaran ini. Silahkan investasi ditempat kami , imbal hasil 10% setiap bulan. Kalau anda mendapatkan penawaran seperti ini. Silahkan anda cek dulu legalitasnya di OJK.

Coba anda pikirkan lagi masuk akalkah imbal hasil yang diberikan. jika 10% per bulan artinya 120% per tahun. Kalau lembaga ini bonafid dan pintar mereka akan memilih ambil kredit di bank yang setiap tahun hanya 10%-14% per tahunnya. Buat apa mereka hutang ke anda dengan memberi janji imbal hasil 120%. Tentunya ada udang dibalik batu dari pemberian janji investasi yang sebesar itu. Sekali lagi sebelum anda berinvestasi pastikan anda mempelajari dengan baik instrumen investasi yang anda ambil.

Semua hal diatas merupakan jebakan jebakan finansial yang hadir disekitar kita. Tidak memiliki hutang konsumtif adalah langkah awal untuk mencapai financial freedom. Memiliki hutang konsumtif hanya akan menghambat anda dalam mengembangkan kekayaan dan mencapai masa depan yang gemilang. Dan jika anda sudah masuk jebakan financial diatas segeralah basmi hutang konsumtif yang ada.

Silahkan like dan share jika artikel ini bermanfaat agar tidak banyak rekan, saudara anda yang tidak masuk dalam jebakan financial diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: