Cara Mudah Menghitung Nilai Kekayaan Bersih Anda

Cara Mudah Menghitung Nilai Kekayaan Bersih Anda

Melekkeuangan.id, Kekayaan Bersih

Di bulan Maret 2018 ini ada sebuah film box office yang berjudul Ready Player One. Film ini bergenre fiksi ilmiah yang disutradarai Steven Spielberg. Sudahkah anda menontohnya ? Saya sendiri sampai nontoh 2x kali karena sangat menarik ide cerita dari film ini .he he

Ready Player One mengambil setting masa depan yakni pada periode tahun 2045. Pada masa itu bumi digambarkan dalam kondisi tak menyenangkan. Penduduk dunia disibukan dengan dunia virtual OASIS ciptaan James Halliday.

Dalam film ini dikisahkan bahwa kehidupan di dunia virtual lebih diminati daripada realita kehidupan yang sebenarnya. Hal ini sepertinya cukup mirip dengan realita sekarang ini. Eksis didunia maya lebih penting daripada didunia nyata. Setujukah anda

 

kekayaan bersih

Arti Sebuah Kekayaan

Dewasa ini banyak sekali orang yang ingin terlihat mapan, kaya, sukses dan lain sebagainya. Yang lebih parahnya hari ini banyak orang yang terjebak dengan keeksisan didunia maya dibanding dunia nyata.

Demi tuntutan untuk selalu terlihat gaul, keren, mapan di media sosial banyak orang yang gaya hidupnya tidak sesuai dengan penghasilannya. Kehidupan yang diposting disosial media terasa begitu luar biasa. Liburan, makan di Restoran, gonta ganti HP, tetapi sebenarnya terjebak dalam permasalahan finansial yang pelik.

Tentu kita masih ingat bahwa ada berita bos biro umroh yang selalu eksis dimedia sosial dengan gaya hidupnya yang glamor ternyata tersandung masalah hukum. Ada juga selebgram luar negeri yang harus berhutang sangat banyak hanya untuk sebuah foto kece di instagram.

Gejala orang yang ingin terlihat kaya sudah sangat banyak kita lihat saat ini. Hal ini bisa terjadi karena belum dipahaminya arti kekayaan bersih yang sebenarnya. Sebenarnya bagaimana sih cara yang benar. Kali ini saya akan membahas Cara Mudah Menghitung Nilai Kekayaan Bersih Anda.

 

kekayaan bersih

 

Rumus Kekayaan Bersih

Sebelum menghitung nilai kekayaan bersih, Anda perlu memahami definisi dan manfaatnya. Cara termudah untuk menjelaskan kekayaan bersih adalah selisih antara total aset dan utang Anda. Kekayaan bersih adalah sisa dari nilai seluruh milik Anda jika dijual yang kemudian digunakan untuk membayar seluruh utang Anda.

Saya akan jabarkan sekali lagi. Rumus Kekayaan Bersih adalah

TOTAL ASET (Harta) – LIABILITAS (Hutang)

Jadi hari ini percuma saja jika hari ini anda memiliki banyak aset berupa rumah, mobil, deposito, tabungan ataupun aset yang lainnya jika hari ini jika semua itu dicairkan nilainya masih lebih kecil daripada total hutang anda.

Hal ini sering dilupakan banyak orang , terlalu fokus berinvestasi sehingga lupa menghitung berapa Hutang yang sudah terbentuk. Keaadaan akan semakin rumit manakala anda justru terjebak oleh hutang jahat seperti hutang yang konsumtif ketimbang hutang baik.

baca juga : bagaimana mengenali hutang baik dan hutang jahat

Jika anda ingin masa depan anda terjamin pastikan saat ini anda memperbanyak aset anda. Ada berbagai macam aset yang ada. Saya akan membagi menjadi beberapa bagian.

 

kekayaan bersih

Jenis Jenis Aset

1. ASET LANCAR

Aset ini merupakan aset yang mudah dicairkan atau dikonversi menjadi Uang Tunai atau bersifat liquid. Beberapa contohnya adalah Uang Tunai, Tabungan di Bank, Deposito dan aset lain yang jika anda butuhkan anda akan dengan mudah mencairkannya.

2. ASET PRIBADI

Aset ini merupakan aset yang digunakan untuk keperluan pribadi saat ini seperti Rumah dan Mobil anda. Emas perhiasan juga termasuk kedalam aset pribadi. Selain itu jika anda memiliki Tanah atau ruko juga bisa dimasukkan kedalam aset pribadi.

3. ASET INVESTASI

Tujuan dari investasi ini digunakan untuk investasi yang sifatnya jangka panjang seperti reksadana, Nilai Tunai Polis Asuransi , Saham, ORI, Sukuk, Emas Antam. Jika anda adalah seorang karyawan anda bisa memasukkan saldo BPJS Ketenagakerjaan, atau DPLK jika perusahaan tempat anda bekerja memberikan fasilitas tersebut.

 

Jenis Jenis Hutang

1. Hutang Jangka Pendek

Definisi dari hutang jangka pendek adalah hutang yang jatuh tempo atau waktunya kurang dari 1 tahun. Kecenderungan dari hutang dijangka pendek biasanya adalah hutang yang bersifat konsumtif seperti Hutang Kartu Kredit, Hutang KTA, Pegadaian. Jika ada hutang dari teman dan kerabat anda juga harus mencatatnya disini.

2. Hutang Jangka Panjang

Sudah bisa ditebak bahwa hutang jangka panjang adalah hutang yang waktu peruntukannya lebih dari 1 tahun. Hutang yang masuk kategori ini seperti hutang KPR, Hutang KPM (Kredit Kepemilikan Mobil) ataupun kredit usaha.

 

Hitung kekayaan bersih

Hitung Kekayaan Bersih Anda

Setelah anda mengetahui dari masing masing kategori silahkan anda masukkan angka angkanya sesuai dengan kondisi anda saat ini. Silahkan anda buat neraca keuangan pribadi dan anda akan mengetahui apakah NERACA anda positif atau negatif.

Jika anda tidak punya waktu untuk membuatnya saya sudah membuat neraca keuangan dalam bentuk exel yang bisa anda download secara gratis. Silahkan unduh di telegram channel saya disini

Atau jika anda tidak memiliki telegram anda bisa mendownload di group Facebook melekkeuangan disini

Nah jika hasilnya Positif artinya sebesar itulah KEKAYAAN BERSIH anda. Tapi jika hasilnya negatif anda harus segera mengevaluasi kemana selama ini larinya uang yang anda dapatkan dari penghasilan anda. Jangan sampai semua uang itu lari untuk memenuhi lifestyle anda seperti pembahasan saya sebelumnya.

Sebagian dari anda mungkin puas melihat hasilnya dan sebagian lagi sebaliknya…

KOK ANGKANYA KECIL SEKALI YA….?KOK KEKAYAAN BERSIH SAYA MINUS YA…?

Pernyataan seperti ini sering sekali saya temui setiap saya membantu klien saya dalam merencanakan keuangannya.

Ternyata setelah kerja bertahun tahun tidak ada kekayaan yang terbangun. Sebaliknya yang ada hanya sisa hutang yang masih harus dilunasi.

Kondisi ini sangat berbahaya sekali. Jangan sampai anda menyianyiakan masa muda anda, hal ini akan memaksa anda untuk terus bekerja dihari tua anda.

baca juga :  6 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif (Terbukti Ampuh)

Kalau hasilnya POSITIF selamat artinya anda sudah dijalan yang benar dalam mengatur keuangan. Tapi kalau hasilnya MINUS segeralah evaluasi dan hitung kembali bagaimana pengelolaan keuangan anda selama ini…

Sebagai penutup lakukanlah pencatatan ini minimal 1 tahun sekali . Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat lebih bertanggung jawab, namun juga mampu memantau pertumbuhan keuangan Anda kedepannya.

 

Demikianlah artikel berjudul cara mudah menghitung kekayaan bersih , silahkan anda lakukan perhitungan sendiri dan pastikan hasilnya positif. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan kepada kami.

Semoga artikel ini bermanfaat jika anda menyukai artikel artikel di melekkeuangan silahkan share kepada saudara dan rekan rekan anda dengan mengklik tombol dibawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: