Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) Bukanlah Gaya Hidup

Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) Bukanlah Gaya Hidup

Mimpi Indah Memiliki Mobil Impian

Memiliki sebuah mobil pastinya jadi dambaan setiap orang. Kondisi itu menjadi lebih urgensi ketika sudah memiliki anak. Dengan memiliki mobil jika mau berpergian akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Mobil pun saat ini  sudah banyak yang harganya terjangkau . Dengan 100jtan saja sebuah mobil sudah bisa dibawa pulang ke rumah. Selain itu saat ini juga marak sekali penawaran Kredit Kepemilikan Mobil (KPM).

Besarnya permintaan pembelian mobil membuat banyak bank dan leasing yang berlomba lomba bekerja sama dengan dealer dengan memberikan program dan promo semenarik mungkin. Pameran pun rutin diadakan di mall dan pusat perbelanjaan bahkan tidak jarang ada yang dilakukan saat car free day. Iklan pun selalu dilakukan produsen mobil untuk terus merangsang mata dan hasrat dari masyarakat untuk membeli mobil atau menukarkan mobilnya dengan yang lebih baru dan modern.

Banyaknya saat ini yang menjadikan Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) sebagai lifestyle atau gaya hidup cukup mengelitik saya untuk mengulas hal ini. Sekarang ini saya melihat bahwa KPM ini menjadi pengeluaran terbesar nomer 2 setelah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Hampir semua keluarga muda yang belum mampu membeli secara tunai akan mengambil program KPM untuk pembelian mobilnya.

Berdasar dari pengalaman teman saya , dia bercerita membeli mobil SUV dengan DP Hanya 5jt rupiah saja padahal harga dari mobil tersebut diangka 200jt dengan jangka waktu 5 tahun.Dan saya tertarik untuk bertanya lebih lanjut berapa cicilan per bulan yang harus dibayar, ternyata angkanya memang sangat fantastis bahkan lebih besar dari DP yang dibayar.

 

Kredit Kepemilikan Mobil Menjadi Lifestyle

 

Kredit Kepemilikan Mobil

 

Sebetulnya tidak masalah jika membeli mobil pertama anda dengan cara KPM, karena mungkin hal itu memang sangat diperlukan dan bisa menunjang aktivitas pekerjaan anda. Tetapi akan menjadi problem ketika KPM dijadikan gaya hidup. Ketika cicilan KPM lunas banyak orang akan tergoda untuk melakukan pembelian mobil yang baru dengan menjual mobil yang lama.

Anda harus sadar ketika anda mengambil program Kredit kepemilikan mobil berarti ada cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Cicilan yang banyak akan menghambat anda untuk melakukan investasi. Padahal penting sekali untuk memiliki kebiasaan untuk menabung dan berinvestasi setiap bulannya. Karena investasi setiap bulan akan menjamin hari tua anda kelak.

Banyak juga saya temui orang orang yang malah lebih memilih memiliki mobil dahulu daripada memiliki rumah. Tidak masalah belum punya rumah yang penting sudah punya mobil jadi bisa dianggap orang sukses. Mindset ini yang akan sangat bahaya kalau anda memilikinya.

Sadarilah bahwa tempat anda tinggal dengan keluarga anda disaat ini dan dimasa mendatang adalah Rumah. Karena tidak mungkin anda mengajak keluarga anda tinggal di mobil kan. Maka dari itu tidak perlu gengsi jika anda memang belum mampu membeli mobil. Memaksakan diri membeli sesuatu yang sebetulnya anda tidak mampu adalah awal dari rusaknya kehidupan keuangan anda.

Setelah berhasil melunasi cicilan mobil pertama, banyak orang terjebak untuk langsung membeli mobil yang lebih baru atau naik kelas ke mobil yang lebih besar. Mereka menjual mobil pertama dan menjadikannya uang muka untuk melakukan pembelian mobil yang baru. Dalam benaknya mereka berfikir bahwa sudah biasa membayar cicilan dengan nominal tertentu maka jika membeli yang baru tidak akan ada masalah.

Jika anda juga berfikir demikian atau malah sedang berencana menganti mobil anda maka saya akan memberi tau anda dimana letak masalahnya. Jika anda membeli mobil baru dengan menjual mobil lama maka artinya cicilan anda yang harusnya sudah selesai maka akan muncul cicilan yang baru lagi. Bahkan mungkin nilainya jadi lebih besar karena anda membeli mobil yang lebih mewah lagi.

Contohnya mobil pertama anda adalah mobil kecil LCGC dengan rentang harga 100jtan dengan cicilan 5 tahun kemudian setelah lunas anda jual dan anda membeli mobil mini SUV dengan rentang harga 200jtan kembali dengan cicilan 5 tahun setelah lunas anda jual kembali dan anda membeli mobil SUV dengan harga 300jt-400jt dengan cicilan 5 tahun.

Hidup seperti tidak ada habisnya dari hutang. Setiap bulan cicilan ibarat menjadi sahabat karib dalam hidup anda karena setiap bulan pasti akan anda pikirkan. Tanpa sadar sepanjang hidup anda menghabiskan uang untuk membayar bunga KPM . Anda jangan terjebak dengan  promo murah yang ditawarkan bunga hanya 4%-6% saja pertahunnya. Anda harus jeli dan detail melihat apakah bunga yang digunakan adalah bunga flat atau bunga efektif.

Kredit Kepemilikan Mobil, Kredit tanpa agunan dll itu pasti mengunakan bunga flat. Artinya bunga yang tercantum 6% bukanlah nilai yang sebenarnya, bunga sesungguhnya jauh lebih besar daripada yang diperkirakan. Ayo sekarang coba anda cek , saat ini kira kira anda sedang menyicil cicilan mobil keberapa?

Ketika cicilan mobil pertama anda lunas harusnya yang anda lakukan adalah bersyukur karena mobil anda telah lunas. Dan Bpkb sebagai bukti sah kepemilikan mobil akhirnya lulus sekolah dari leasing atau bank yang anda pilih. Jangan terjebak napsu untuk mengupgrade mobil anda dengan melakukan pembelian mobil kedua,ketiga dan seterusnya.

Janganlah selalu melihat ke atas , enak ya kalau bisa punya mobil the legend reborn mungkin dalam batin anda. Lihatlah kebawah bahwa banyak sekali diluar sana yang tidak punya kesempatan memiliki mobil. Anda harus bersyukur dan menikmati mobil anda secara utuh karena sudah lunas dan sudah lulus sekolah dari bank.

 

Mulai Rencanakan Keuangan Ketika Cicilan KPM Anda Lunas

 

 kredit-kepemilikan-mobil

 

Setelah cicilan anda lunas maka cashflow bulanan anda akan lebih longgar. Karena misalkan cicilan mobil anda adalah 3jt setiap bulannya maka anda sudah tidak perlu lagi membayar karena sudah lunas. Anda bisa mengalokasikan dana 3 jt yang sudah rutin anda keluarkan untuk mulai merencanakan keuangan.

Anda bisa melihat neraca keuangan anda apakah masih ada hutang konsumtif yang anda miliki seperti hutang kartu kredit, hutang KTA, hutang pinjaman online , hutang dengan rekan atau saudara anda. Jika masih ada anda bisa mengalokasikan untuk melunasi hutang konsumtif terlebih dahulu.

Tetapi jika tidak ada anda bisa memulai membentuk dana darurat. Nilainya sebaiknya minimal 6x dari pengeluaran bulanan anda. Hal ini penting agar ketika ada kondisi darurat atau pengeluaran yang tidak terduga maka anda tidak perlu mencari hutang KTA,pinjaman online , atau gestun kartu kredit karena anda memiliki dana darurat.

Setelah memiliki dana darurat anda bisa mulai membeli asuransi untuk memproteksi anda dan keluarga anda. Jika ada resiko terhadap diri anda maka biar pihak asuransi yang akan menanggung. Dan ketika anda sudah memiliki asuransi anda bisa mulai berinvestasi. Anda bisa mulai membeli reksadana secara rutin, atau menabung saham, atau mungkin memulai sebuah bisnis .Investasi sangat penting untuk menjaga nilai uang anda dari Inflasi.

Anda bisa mulai merencanakan keuangan dengan membaca artikel dibawah ini

baca juga: 10 Tips Jitu Membuat Perencanaan Keuangan Sendiri

 

jika anda merasa kesulitan mengatur dan mengelola keuangan anda sendiri maka anda bisa memakai jasa seorang perencana keuangan atau financial planner. Seorang financial planner akan melakukan review terhadap kondisi keuangan anda, memberikan rekomendasi jika ada permasalahan dan akan memandu anda untuk membuat blue print apa yang menjadi tujuan keuangan anda. Jika anda tertarik menggunakan jasa financial planner klik disini

Anda Bisa Membeli Mobil Tanpa Hutang

 

Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) Bukanlah Gaya Hidup Melekkeuangan

Anda sebetulnya bisa membeli mobil tanpa hutang, anda bisa membeli mobil secara tunai. Kredit kepemilikan mobil bukanlah gaya hidup. Menjadikan hutang KKB sebagai gaya hidup akan membuat sengsara hidup anda . Hutang akan merampas masa depan anda karena setiap hutang pasti harus dibayar.

Ketika uang anda tidak cukup untuk membeli mobil baru, anda bisa membeli mobil second atau anda bisa menabung terlebih dahulu agar bisa membelinya secara tunai. Jangan terbawa napsu apalagi terbawa gengsi. Jika anda belum mampu membeli mobil jangan paksakan diri anda.

Anda jangan hanya berfikir bahwa memiliki mobil hanya cicilan saja yang menjadi pengeluaran anda. pikirkan juga biaya bensin, service dan maintenance bulanan, biaya parkir, dan pajak tahunan yang harus anda bayar setiap tahunnya. Itu sebabnya banyak orang kaget ketika memiliki mobil untuk pertama kali pengeluaran jadi terasa lebih boros dibanding sebelumnya.

Saat ini banyak sekali pilihan transportasi yang nyaman dan mudah digunakan. Anda bisa menggunakan taksi konvensional atau taksi online jika anda harus berpergian dengan keluarga anda. Anda bisa  membeli mobil secara tunai , silahkan anda berinvestasi dengan menyisihkan 20% income anda setiap bulan dan simpan bonus tahunan yang anda terima untuk diinvestasikan di reksadana atau saham agar nilai uang anda meningkat

Dengan asumsi kenaikan 15% setiap tahunnya maka anda akan mendapatkan capital gain yang akan mempercepat anda memiliki mobil impian anda. Opsi lainnya adalah dengan menciptakan income tambahan yang akan anda alokasikan untuk pembelian mobil anda.

Sebagai penutup kembali saya berpesan untuk tidak terjebak dalam gaya hidup untuk terus mengupgrade mobil anda. Kalau cicilan anda tidak pernah selesai kapan anda mau mulai investasi? kapan mau mulai sisihkan uang untuk rencana dana kuliah anak anda?

semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda semakin melekkeuangan kedepannya

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: