Langkah Awal Memulai Perencanaan Keuangan

Langkah Awal Memulai Perencanaan Keuangan

Langkah Awal Memulai Perencanaan Keuangan Melekkeuangan

Apa itu Perencanaan Keuangan dan Bagaimana Merencanakan Keuangan yang baik dan benar?

Selamat pagi semoga anda semua selalu sehat dan bersemangat selalu ya…

Amin…..

Pagi ini saya mau sharing tentang Perencanaan Keuangan…MAHLUK APAKAH ITU….???

YUK LANJUT………

Merencanakan keuangan adalah Suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana.

Setiap orang, termasuk Anda dan Saya memiliki tujuan-tujuan keuangan. Entah itu tujuan untuk membeli rumah, kendaraan, mempersiapkan biaya pendidikan anak, perjalanan ibadah, dana hari tua dan lain sebagainya.

Seperti yang Anda ketahui, biaya-biaya untuk tujuan tersebut terkadang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Mungkin saja gaji 12 bulan belum tentu cukup untuk membeli rumah, perjalanan ibadah atau persiapan untuk pensiun. Oleh sebab itu maka Anda butuh strategi dan perencanaan, agar tujuan keuangan Anda dapat segera terwujud.

Siapa yang Membutuhkan Perencanan Keuangan?

Setiap orang yang memiliki tujuan keuangan dan mengelola keuangannya sendiri membutuhkan sebuah perencanaan keuangan baik itu karyawan, Ibu rumah tangga, Enterpreneur,maupun seorang Profesional….

BAGIAN PERTAMA dalam perencanaan keuangan adalah memenuhi kebutuhan jangka pendek, dalam hal ini adalah
1. Mengelola arus kas (cash flow)
Cek Pemasukan dan Pengeluaran anda setiap bulannya dan pastikan hasilnya positif sehingga anda mempunyai alokasi untuk membuat dana darurat….

2. Dana darurat
Pastikan anda memiliki dana darurat minimal 6 bulan penghasilan anda dan pisahkan dana ini dari tabungan anda.Karena jika ada keperluan tidak terduga hal itu tidak akan menganggu cash flow bulanan anda…

3. Hutang
Ketika dana darurat sudah terpenuhi hitung total Hutang anda dan mulai lakukan perencanaan untuk menyelesaikan semuanya..Mulailah selesaikan Hutang yang konsumtif terlebih dahulu seperti kartu kredit, KTA,
Ketiga bagian tersebut adalah permasalahan keuangan jangka pendek yang harus dipastikan sehat.

Jika Anda sudah lakukan perbaikan ditiga bagian utama, Silahkan lanjut ke step selanjutnya….

BAGIAN KEDUA adalah manajemen risiko individu . Pada bagian ini, Anda harus memastikan asset-asset Anda (Jiwa, Rumah, Kendaraan) telah terlindungi dengan cukup .

Hitung dengan benar berapa kebutuhan Asuransi Jiwa dan Kesehatan yang anda butuhkan..Mengapa hal ini penting karena jangan sampai ketika terjadi resiko anda harus menguras seluruh tabungan anda , menjual aset anda, bahkan harus berhutang dikemudian hari…Anda bisa melakukan RIsk Sharing atau berbagi resiko dengan sesama pemegang polis Syariah..

BAGIAN KETIGA adalah tujuan-tujuan keuangan jangka menengah. Pada bagian ketiga ini, beberapa orang memiliki prioritas yang berbeda, misal ada yang memprioritas biaya pendidikan anak, biaya untuk perjalanan ibadah, atau biaya untuk membeli rumah dan lain sebagainya.

Walaupun kebutuhan jangka menengah penting, tetapi jangan lupakan tujuan keuangan jangka panjang seperti dana hari tua (dana pensiun). Persiapan biaya pensiun sejak usia muda, akan memberikan Anda bekal yang cukup untuk memasuki masa pensiun. Jadi Anda dan pasangan dapat pensiun dalam kondisi aman dan sejahtera secara keuangan.

BAGIAN TERAKHIR adalah waris atau distribusi keuangan. Jangan sampai kekayaan yang Anda dapatkan menjadi sumber keretakan dalam rumah tangga. Lakukan perencanaan waris, untuk memastikan Anda memindahkan kekayaan Anda kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat dengan cara yang tepat.

Nah itu dia step by step dalam melakukan perencanaan Keuangan…
Semua itu bisa anda pelajari dari berbagai macam artikel keuangan atau membeli buku perencanaan keuangan…
Tetapi bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk menganalisa dan membuat perencanaan diatas anda bisa meminta jasa seorang Financial Planner atau konsultan keuangan…

 

Like dan Share jika artikel ini bermanfaat untuk anda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: