7 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif (Terbukti Ampuh)

7 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif (Terbukti Ampuh)

Untuk mencapai keberhasilan dalam bidang keuangan, pertama tama anda harus mempunyai persepsi yang benar mengenai hutang konsumtif.

Banyak yang menyepelekan hal ini dan banyak pula yang belum mengetahui perbedaan hutang yang baik dan hutang yang buruk atau konsumtif sehingga hidup mereka tertekan dan penuh keterbatasan.

Hutang konsumtif hanya akan menghambat impian anda dimasa yang akan datang. Maka dari itu anda harus mencari cara untuk melunasi hutang konsumtif secepatnya.

 

melunasi hutang

 

Apa Yang Di Maksud Dengan Hutang Konsumtif ?

Hutang Konsumtif adalah merupakan hutang yang buruk.. Yang dimaksud dengan Hutang Konsumtif adalah Hutang yang yang dipakai untuk membeli barqang barang yang nilainya menurun..

Misalnya memakai fasilitas kartu kredit untuk membeli sepatu dan mencicil pembayarannya, membeli Hp, membeli barang barang elektronik dan lain sebagainya menggunakan fasilitas kredit.

Saat ini banyak sekali penawaran kredit baik itu melalui kartu kredit, atau banyak lembaga pembiayaan lainnya. Hampir setiap kali ada pameran Handpone atau elektronik, travel fair hampir bisa dipastikan fasilitas kredit begitu ditonjolkan untuk menarik minat pembeli.

 

Mengapa Anda Dilarang Memiliki Hutang Konsumtif ?

Banyak orang yang tidak sadar bahwa memiliki hutang hanya akan menghambat perkembangan kekayaan anda. Dana yang seharusnya bisa dipakai untuk berinvestasi harus beralih untuk membayar bunga yang tinggi. Anda harus menyadari bahwa hutang konsumtif bukanlah alat untuk mencapai tujuan financial.

Hutang Konsumtif akan merugikan kehidupan finansial anda. Orang yang memiliki hutang pasti  pengeluarannya akan tersedot untuk melunasi hutang. Orang yang terjebak dalam hutang berbunga biasanya jarang sekali memiliki sisa dari gajinya. Alokasinya pasti akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan mencicil hutang.

Jika hal ini terjadi anda akan merasa tersiksa dan tertekan secara financial karena anda tidak memiliki sisa untuk memenuhi keinginan anda. Anda merasa bekerja keras setiap bulannya tetapi gaji terasa hanya numpang lewat saja.

Selama hutang anda belum lunas saldo kekayaan anda masih minus dan setelah hutang lunas saldo kekayaan anda akan menjadi nol dan anda harus memulai dari awal lagi untuk membangun kekayaan.

Salah satu kunci sukses menuju kehidupan finansial yang indah dan nyaman adalah segera melunasi hutang konsumtif anda. Dan dalam artikel kali ini akan dibahas

 

 bahaya hutang

 

Baca juga : Dahulukan Investasi atau melunasi hutang ya ?

 

6 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif

 

1. Cairkan Semua Aset Liquid anda

Hari ini jika anda masih memiliki tabungan, deposito, atau aset investasi berupa emas batangan, nilai tunai Asuransi, Saldo reksadana atau dana tunai lainnya, segeralah dicairkan dan gunakan untuk membasmi hutang konsumtif.

Percuma anda memiliki investasi yang beragam jika anda masih memiliki hutang konsumtif berupa kartu kredit atau KTA. Sekarang anda bayangkan untuk apa anda memiliki tabungan atau investasi yang maximal memberikan imbal hasil 5-12% tetapi disisi lain anda memiliki hutang yang bunganya mencapai 26% pertahun.

Berhentilah berfikir tentang investasi ketika anda masih memiliki hutang konsumtif. Karena bunga dari hutang konsumtif akan menggerus kekayaan anda. Segera buat daftar aset liquid atau aset yang dapat dengan mudah dicairkan agar anda bisa mengaturnya untuk pembayaran hutang anda.

Bagaimana jika aset yang tersisa hanya tinggal aset pribadi berupa rumah, mobil, motor. Silahkan anda diskusikan dengan keluarga apakah masih bisa melakukan aktivitas dengan nyaman jika menjual motor atau mobil. Jika masih memungkinkan silahkan dijual. Hari ini banyak aplikasi online seperti Gojek dan Grab yang bisa dijadikan sarana transportasi.

Tetapi jika jawabannya tidak nyaman jangan anda paksakan untuk menjual kendaraan anda. Lakukanlah langkah langkah lain dibawah ini.

 

2. Buat Daftar Prioritas Pembayaran Hutang

Mungkin sebagian dari anda ada yang berkomentar bagaimana saya mengetahui hutang mana dulu yang harus diselesaikan sementara hutang yang ada banyak jumlahnya. Disatu sisi hutang dari kerabat dekat anda penting untuk dibayar tetapi hutang kartu kredit dan KTA juga sangat sangat menganggu pikiran anda.

Apapun bentuknya hutang akan membuat hidup anda tidak nyaman. Sebaiknya anda mulai melunasi hutang yang paling membuat anda resah. Jika hari ini sudah banyak telepone penagihan dan anda begitu takutnya dengan debt collector sebaiknya anda melunasi hutang kartu kredit atau KTA terlebih dahulu.

Tetapi jika hari ini karena hutang membuat hubungan anda dengan saudara atau  sahabat anda menjadi buruk anda bisa menyelesaikan hutang personal anda terlebih dahulu.

Untuk pembayaran hutang kartu kredit lunasilah hutang dengan bunga yang paling besar sehingga anda terhindar dari kewajiban membayar bunga yang lebih besar atau opsi lainnya adalah dengan cara membayar hutang kartu kredit dengan tagihan terkecil. Dan pastikan setelah anda menyelesaikannya anda bisa menutup kartu kredit tersebut.

Hal ini menghindarkan anda dari pola gali lubang tutup lubang yang mungkin akan muncul dipikiran anda. Dan anda bisa fokus untuk menyelesaikan hutang kartu kredit selanjutnya. Lakukan terus langkah langkah tersebut sampai semua kartu kredit anda habis.

 

3. Negosiasi Penurunan Suku Bunga

Ada baiknya anda menghubungi pihak kartu kredit dan lakukanlah negosiasi terkait penurunan suku bunga, atau perubahan tagihan menjadi cicilan dalam jangka waktu yang ditentukan, bahkan jika kredit anda macet anda bisa  mencoba untuk bernegosiasi untuk mengurangi beban bunga yang sudah tertunggak.

Alternatif lain adalah melakukan transfer balance ke kartu kredit yang memberikan bunga lebih rendah. Tetapi anda harus perhatikan apakah ada biaya yang timbul dan jika anda berhasil memindahkan saldo tagihan anda menjadi 0% pastikan anda maksimalkan kemampuan membayar anda .

 

kartu kredit

 

4. Cari Tambahan Kas Untuk Membayar Hutang

JIka anda masih memiliki waktu luang disela sela pekerjaan anda ada baiknya anda mempergunakan waktu luang anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman sekarang ini banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan antara lain jualan online, menjadi penulis lepas, menjadi agen insurance, mengikuti mlm, menjadi driver online dan banyak lagi yang lainnya.

Pastikan income tambahan yang anda dapatkan anda pergunakan untuk melunasi hutang hutang anda agar pembayaran hutang anda semakin cepat lunas. Tetapi jika anda tidak memiliki waktu lagi untuk mendapatkan income tambahan anda bisa melakukan beberapa penghematan agar seperti berhenti berlangganan gym, berhenti berlangganan internet dan tv kabel bulanan. menghindari belanja belanja yang tidak penting sampai hutang anda lunas.

 

5. Pakai Income Tahunan Anda Untuk Melunasi Hutang

Bagi anda yang menjadi karyawan pakailah bonus tahunan yang anda dapatkan untuk segera menutup hutang. Anda juga bisa mengalokasikan Uang THR atau Uang Cuti yang anda dapat untuk menyelesaikan hutang hutang anda.

Lebih baik anda bisa menahan diri pada waktu lebaran daripada terlihat royal padahal masih banyak hutang hutang yang anda miliki. Apalagi jika anda berhutang dengan kerabat anda…Malu dong untuk bayar hutang tidak bisa tapi bisa untuk belanja baju baju baru disaat lebaran. Kredibilitas anda akan semakin buruk dimata keluarga.

Jangan sampai hanya karena hutang hubungan saudara menjadi buruk dan menyebabkan anda tidak nyaman setiap kali bertemu dengan saudara anda.

 

6. Jangan Buat Hutang Baru

Bagi anda yang masih dalam proses membasmi hutang konsumtif haram hukumnya anda membuat hutang baru. Jika ada barang yang ingin sekali anda beli tahan keinginan itu. Jika ada tawaran penambahan kartu kredit baru, cicilan 0% untuk pembelanjaan atau tawaran KTA dengan proses mudah abaikanlah tawaran itu.

JIka dengan kartu kredit anda yang sekarang saja anda sudah kesulitan mengelola apalagi anda menambah hutang baru, sama saja anda sedang menggali kuburan anda sendiri.

Dan setelah semua hutang anda lunas anda akan memiliki banyak alokasi dana sisa yang biasa anda bayarkan untuk pembayaran cicilan kartu kredit. Pakailah dana itu untuk memenuhi keinginan anda, karena saya tau anda sudah melakukan usaha sangat keras untuk melakukan penghematan atau melakukan kerja diluar rutinitas harian.

 

7. Mulailah Membuat Dana Darurat

Berilah reward atau penghargaan kepada diri anda karena telah berhasil membasmi hutang konsumtif yang ada. Silahkan beli barang yang anda inginkan atau pergilah jalan jalan dengan keluarga menggunakan dana tunai anda. Dan setelahnya mulailah membuat dana darurat.

7 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif (Terbukti Ampuh) Melekkeuangan

Apakah itu dana darurat….?

jika anda belum mengetahuinya silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai Alasan Kuat Memiliki Dana Darurat.

Dana darurat yang ideal adalah 3-4x pengeluaran rutin bulanan untuk lajang, 6x pengeluaran bulanan untuk anda yang sudah menikah, dan 9-12x pengeluaran rutin bulanan untuk pasangan menikah yang sudah memiliki anak.

Dengan memiliki dana darurat yang cukup kalau anda memiliki kebutuhan mendesak yang harus dibayar anda akan memiliki dana yang ready sehingga anda akan terhindar dari hutang.

Berhutang memang kadang tidak bisa dihindari oleh banyak orang. Namun jangan sampai anda terjebak hutang konsumtif. Apalagi alasan dari timbulnya hutang konsumtif ini adalah akibat dari memenuhi keinginan anda saja. Saatnya anda berubah jadi pribadi yang baru dan tingggalkanlah pola pola lama.

Ketika anda tidak memiliki hutang konsumtif anda akan memiliki alokasi yang cukup untuk memulai investasi dan mulailah untuk membangun kekayaan anda. Dan anda bisa memulai merencanakan langkah awal menuju financial freedom.

 

Demikianlah langkah langkah untuk melunasi hutang konsumtif . Saya yakin masih ada kekurangan dalam artikel ini. Oleh karena itu, jika anda mau untuk berbagi, silahkan tuliskan masukan anda pada kolom komentar.

Yakinlah, semakin banyak yang anda bagikan maka akan semakin besar pula anda akan diberi.

Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, silahkan share dengan mengklik ikon social media disamping atau bagian bawah. (Semakin banyak anda berbagi, semakin banyak anda diberi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: