8 Cara Jitu Menambah Penghasilan dari internet

8 Cara Jitu Menambah Penghasilan dari internet

Melekkeuangan.id, – Menghasilkan uang selalu dikaitkan dengan cara tradisional atau biasa disebut offline yang umumnya ditemukan di dunia nyata. Dengan adanya internet sekarang, semakin banyak orang mencari cara untuk menambah penghasilan secara online untuk meningkatkan cash flow keuangannya.

Namun, Anda harus berhati-hati dengan platform yang anda pilih. Meskipun ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, beberapa di antaranya bisa berakhir menjadi penipuan, karenanya Anda harus berhati-hati.

Selain itu anda juga  jangan berharap untuk mendapatkan jumlah besar secara cepat dengan menggunakan jalur online untuk mendapatkan uang. Karena semua itu pastinya harus dirintis dan dimulai dari nol.

Jadi jangan termakan dengan jargon dapatkan uang secara mudah secara online. Anda cukup duduk manis dirumah dan uang akan datang menghampiri anda.  Yakinilah bahwa semua itu butuh usaha dan kerja keras juga baik di bisnis offline maupun online.

Padahal 8 jam kerja sehari, sebenarnya masih bisa dibagi untuk mengurus usaha sampingan, asalkan tidak melakukan aktivitas atau usaha sampingan yang sama dengan perusahaan, ya nggak ?  Maka dari itu disini ada beberapa Cara Jitu Menambah Penghasilan dari internet.

 

menambah penghasilan

8 Cara Menambah Penghasilan dari internet

Disini ada beberapa cara menambah penghasilan dari internet, entah itu anda seorang karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, semua orang bisa melakukannya asal mau melakukannya. Okee .. Maka dari itu, baca artikel ini sampai habis agar anda mengetahuinya !

 

1. Freelancer

Freelancer selalu menjadi cara populer untuk mendapatkan uang secara online dan Internet memiliki pasar yang sangat luas. Ada beberapa situs web yang menawarkan pekerja lepas untuk orang-orang dengan berbagai keterampilan.

Dan situs website tersebut akan menghubungkan anda dengan orang orang yang memang mencari jasa anda. Karena cukup banyak permintaan untuk jasa freelancer ini.

Ada banyak pertimbangan mengapa seseorang atau bahkan kantor memilih untuk menggunakan jasa freelancer dibandingkan dengan menghire orang langsung menjadi karyawan.

Kemungkinan project yang dibutuhkan hanya bersifat sementara, atau mungkin bisa lebih efisien untuk menggunakan jasa freelancer karena biaya yang dikeluarkan sebanding dengan goal yang diharapkan dibandingkan dengan menggaji karyawan bulanan.

Di Indonesia ada beberapa situs website yang menjadi penghubung antara para freelancer dengan para pencari jasa. Anda bisa mendaftar melalui website dibeberapa situs ini antara lain faswork.id, freelancer.co.id, sribulancer.com dan masih banyak yang lainnya silahkan anda searcing langsung di google.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun, menelusuri daftar pekerjaan, dan melamar tugas yang cocok untuk Anda. Pilihlah daftar pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang anda kuasai dan buat profil yang menarik agar anda dilirik oleh para pencari jasa.

Beberapa situs web bahkan  mengharuskan Anda untuk membuat daftar pribadi dengan perincian keahlian Anda. Disini penting sekali bagi anda untuk memasukkan portofolio project yang sudah anda kerjakan, sehingga menambah nilai plus bagi anda dan klien yang tertarik dapat menghubungi Anda secara langsung.

 

2. Mulai dengan situs blog Anda sendiri

Cara lain untuk mendapatkan income dari internet adalah membangun blog anda sendiri. Apalagi untuk anda yang memang hobi menulis tidak ada salahnya untuk menuangkan isi tulisan anda melalui blog sehingga banyak orang akan membaca dan semakin bermanfaat untuk banyak orang.

Saat membuat sebuah blog usahakan anda membuat blog dengan tema yang spesifik dan sesuai dengan bidang yang anda kuasai tentunya.

Mengapa demikian, hal ini dikarenakan dengan membuat blog yang sesuai dengan passion anda maka anda tidak akan merasa enjoy saat membuat artikel kepada pembaca anda.

Anda tidak akan merasa tertekan karena artikel yang anda tulis memang bidang yang anda kuasai. Seperti halnya halaman blog ini memang saya tujukan untuk menjadi sarana edukasi dan memberikan informasi seputar keuangan dan bisnis.

Maka dari itu tidak akan pernah anda temukan artikel seputar selebritis, atau berita olahraga di web melekkeuangan.id. Karena saya memang membuat blog ini tengan tema yang spesifik.

Untuk membuat sebuah blog ada yang versi gratisan dan versi berbayar. Untuk yang gratisan anda bisa menggunakan bloger ataupun wordpress.

Tetapi jika anda serius untuk membangun sebuah blog dan akan di monetize dikemudian hari maka disarankan untuk anda memakai versi berbayar. Anda harus membeli hosting dan memilih domain, template, dan desain untuk situs blog Anda.

Setelah itu mulailah anda isi dengan artikel artikel yang edukatif yang bermanfaat untuk para pembaca. Semakin lama anda menulis blog maka akan semakin bernilai website anda.

Silahkan lihat berapa pengunjung harian website anda atau biasa disebut traffic. Jika sudah cukup banyak, kurang lebih 1000 visitor perhari yang berkunjung dan membaca artikel artikel di blog anda maka artinya blog anda sudah siap untuk menghasilkan uang.

Setelah siap blognya, daftar ke Google Adsense, yang ketika ada iklan muncul di blog Anda dan diklik oleh pengunjung maka anda akan menghasilkan uang dari iklan tersebut. Semakin banyak lalu lintas yang Anda dapatkan di blog, semakin besar pula potensi penghasilan yang lebih tinggi.

Selain itu tidak menutup kemungkinan jika website anda sudah besar ada pihak lain yang berminat untuk membeli website anda dengan nominal yang tinggi. Sehingga itu menjadi aset yang bagus untuk anda dikemudian hari.

 

3. Affiliate marketing

Menjadi seorang affiliate marketing cukup mudah. Sistem bisnisnya adalah jika anda berhasil menjual suatu produk atau jasa dari orang lain maupun perusahaan, maka anda akan mendapat komisi.

Jadi tugas anda menjadi perantara atau kepanjangan tangan untuk menjual produk dan jasa orang lain. Anda tidak perlu menyiapkan produk ataupun mengurus after sales dari produk yang anda bantu jualkan.

Karena semua hal itu sudah dipersiapkan oleh vendor yang menjual produk. Seorang affiliate marketing hanya perlu menyebarkan link baik itu dimedia social atau didatabase yang sudah anda miliki.

Jika ada orang yang mengklik link penjualan tersebut dan melakukan pembelian maka vendor akan mengetahui bahwa penjualan ini adalah affiliasi dari anda.

Dan otomatis dari penjualan tersebut anda akan mendapatkan fee karena telah berhasil mereferensikan produk sampai terjadi penjualan.

Saat ini menjadi affiliate marketing menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup besar diera digital ini. Anda bisa mulai mencari orang atau vendor yang membuka pendaftaran affiliate dan mulai mendaftar.

Setelah itu anda bisa ikuti ketentuan yang ada dan anda mulai untuk memilih mana produk yang ingin anda bantu promosikan dan mulailah menghasilkan uang dari online.

 

4. Mendesain website

Tidak semua pemilik bisnis mengerti teknologi, tetapi kebutuhan saat ini adalah memiliki situs web sendiri. Mereka yang memiliki keahlian untuk semua hal teknologi, terutama yang berkaitan dengan situs web, dapat membantu bisnis kecil membuat situs web mereka sendiri.

Terlebih diera modern sekarang ini setiap pengusaha dituntut untuk go online atau akan ketinggalan. Website yang dibuat umumnya adalah website toko online, ataupun website untuk personal branding personal atau perusahaan.

Untuk anda yang mengerti bagaimana membuat dan mengelola website, hal ini menjadi peluang besar untuk membuka jasa pembuatan dan pengelolaan website.

Apalagi jika klien anda meminta untuk anda mengelola websitenya, hal ini berarti jasa anda akan dipakai terus dan otomatis setiap bulan anda akan memiliki income yang stabil.

Mengapa jasa anda akan dipakai lama???

Pengkodean dan desain website adalah unsur penting dalam membuat situs website. Selanjutnya, situs website memerlukan pemeliharaan dan mungkin memerlukan pembaruan secara berkala, sehingga jika tidak dimaintenance maka akan bermasalah kedepannya.

Bagaimana apakah anda menguasai bidang ini..?

Mulailah tawarkan jasa anda kepada rekan rekan, saudara, media social dll karena saat ini peluang yang besar untuk anda.

 

5. Content Writer

Ketika seseorang membuat sebuah website untuk personal branding maka biasanya juga dibutuhkan artikel untuk menunjang dan mempublikasikan informasi ke dunia online.

Tapi sayangnya tidak semua orang dapat merubah apa yang ada dikepala menjadi sebuah tulisan artikel yang baik dan informatif. Hal ini karena hanya sedikit saja orang orang yang terbiasa menulis.

Hal ini menjadi sebuah peluang untuk menawarkan jasa pembuatan artikel kepada pemilik website. Anda bisa membantu dengan menjadi content writter untuk mengisi artikel.

Artikel yang baik adalah artikel yang informatif dengan panjang kata minimal 1000 kata. Artikel yang lengkap akan membuat pembaca betah dan berlama lama diwebsite.

Artikel dengan panjang kata 500 biasanya tarifnya adalah 20rb. Sekarang silahkan hitung jika anda mendapatkan orderan rutin 20 artikel sebulan. itu artinya 400rb dan jika anda punya 10 klien maka anda sudah memiliki income 4jt rupiah.

Bagaimana berminat untuk jadi penulis???

 

6. Instagram

Instagram saat ini benar benar menjadi primadona bagi kaum milenial di Indonesia. Walaupun akhir akhir ini tik tok mulai hits di indonesia tapi tetap belum bisa menggeser Instagram sebagai platform media social terpopuler di Indonesia saat ini.

Banyaknya pengguna di Instagram bisa anda manfaatkan untuk mencari uang juga. Anda bisa membuat akun publik yang edukatif dan informatif sehingga akan banyak orang yang memfollow akun Instagram anda.

Dengan memiliki banyak follower maka akan menjadi keuntungan yang sangat besar bagi anda. Masih ingat saat artis tenar Syahrini menjual mukena dengan harga 3,5juta dan hanya dengan memposting di Instagram seluruh mukena terjual semua seperti kacang goreng.

Itulah keuntungan jika memiliki follower banyak. Apapun yang anda jual berpotensi laku keras karena jangkauan yang luas di Instagram.

Tapi jika anda bukan artis memang cukup sulit membuat orang follow anda kecuali jika anda memiliki karya yang disukai oleh banyak orang. Anda bisa membuat akun publik untuk menarik follower untuk memfollow akun anda.

Berikan tips yang edukatif dan berguna untuk banyak orang. Akun instagram seperti dagelan, jouska, sekolah bisnis merupakan akun akun publik yang mempunyai follower yang banyak.

Keuntungan anda memiliki follower banyak anda bisa membuka jasa paid promote dan endors. untuk akun dengan follower 100k setiap postingan paid promote biasanya dihargai dengan harga 100rb rupiah.

Bayangkan jika dalam 1 hari ada 2 paid promote setiap harinya artinya dalam sebulan anda akan mengantongi 6 juta rupiah. Selain itu akun instagram juga bisa menjadi aset untuk anda dimana jika anda membutuhkan uang anda bisa menjual akun kepada rekan anda.

Ayo mulai buat akun publik dan mulai hasilkan uang dari Instagram. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram saya yaitu @melek_keuangan, @enterpreneursukses . Insyaallah isinya akan bermanfaat untuk anda.

 

7. Youtube

Jika Anda tidak nyaman menuliskan pemikiran Anda melalui blog dan penulisan konten, gunakan kamera Anda untuk membuat video. Buat channel YouTube Anda, unggah video dan mulailah untuk menghasilkan uang.

Pasti anda sudah sering dengar bagaimana atta halilintar, ria ricis mendulang banyak uang dari akun youtubenya. Bahkan hampir semua artis saat ini membuat akun youtube dan mulai mengisinya dengan konten konten menarik.

Pilih kategori atau subjek yang Anda inginkan untuk membuat video, pastikan itu adalah topik yang akan menarik minat banyak orang. Semuanya, mulai dari acara memasak hingga debat politik dapat menemukan banyak peminat di YouTube.

Tipsnya disini adalah buat akun dengan konten yang anda sukai sehingga anda akan membuat konten dengan hati gembira. Jika anda membuat konten secara terpaksa dan hanya mengejar agar cepat bisa dimoneytize maka anda akan kecewa ketika uang itu tidak kunjung datang,

Syarat akun anda bisa didaftarkan adsense adalah minimal memiliki 1000 subscriber dan total video anda sudah ditonton selama 4000 jam.

Jadi jika anda serius untuk mulai menghasilkan uang dari youtube mulai rancang akun dan konten yang akan anda buat dalam akun youtube anda.

 

8. Jual produk Anda secara online

Jika Anda ingin menjual produk secara online, Anda dapat melakukannya dengan membuat situs web sendiri. Karena ada banyak persaingan dan beberapa situs web yang ada juga, anda harus bisa bersaing dengan yang lain.

Anda juga bisa menjual produk melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee ataupun yang lainnya. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan media social seperti facebook dan Instagram untuk berjualan produk anda.

Jika anda bingung bagaimana caranya, anda bisa ikut kursus online yang membahas tentang jualan online di marketplace. Tujuan anda ikut online course ini selain anda mendapat trik bagaimana berjualan di marketplace anda juga akan memiliki mentor.

Dalam bisnis adanya mentor sangat penting . Ketika anda memiliki permasalahan dilapangan anda akan bisa berkonsultasi dengan mentor anda. Anda juga akan memiliki komunitas sesama penjual online.

Bisa jadi anda menemukan patner bisnis baru. Jadi banyak keuntungan jika anda mau berinvestasi untuk bisnis anda dibanding anda belajar secara otodidak di Internet.

 

Baca juga

6 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

 

Apapun metode yang Anda pilih untuk menghasilkan uang secara online, jika anda ingin menghasilkan uang di internet, maka bekerja keraslah.

Tekun dan konsistenlah dalam menjalankannya. Jangan berpindah pindah bidang sebelum anda sukses karena dengan ketekunan maka akan membuat anda lebih cepat meraih kesuksesan.

Itulah 8 Cara Jitu Menambah Penghasilan Dari Internet. Semoga informasi ini membuka mata anda bahwa peluang di dunia online tidak kalah besar dengan dunia offline. Kuncinya adalah sabar dan tekun dalam menjalaninya.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share melalui tombol dibawah ini agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: