5 Langkah Menentukan Tujuan Keuangan  ( RESEP AMPUH )

5 Langkah Menentukan Tujuan Keuangan ( RESEP AMPUH )

Dalam cerita Alice in the Wonderland, ada suatu percakapan antara Alice dengan Cheshire Cat.

Alice : Saya ingin bertanya jalan mana yang harus saya ambil
Cheshire Cat: Yah, itu tergantung ke arah mana kamu mau pergi
Alice: Oh, ke mana saja tidak jadi masalah
Cheshire Cat: Kalo begitu jalan mana saja juga tidak masalah

Apakah kamu menangkap pesan dari percakapan di atas? Pesannya adalah kita harus memiliki goal atau tujuan dalam hidup kita. Goal inilah yang akan memberikan kita arah ke mana kita harus melangkah. Tanpa goal, kita seperti mengendarai mobil yang tidak tahu ke arah mana kita harus pergi dan hanya berputar2 saja.

Begitu juga dengan bidang keuangan penting sekali  untuk memiliki tujuan keuangan. Karena jika anda tidak pernah mempersiapkan hal ini maka akan berbahaya untuk keuangan anda dimasa depan.

 

Pentingnya Memiliki Tujuan Keuangan

 

Tujuan Keuangan

 

Menentukan tujuan keuangan sama dengan merancang masa depan. Untuk mewujudkannya menjadi kenyataan anda tidak bisa hanya bermodalkan keinginan dan niat semata, tetapi anda harus memiliki rencana dan gambaran yang jelas.

Setiap tujuan keuangan harus memiliki kriteria berikut : Spesifik, realistis, dapat diukur, dan memiliki tenggat waktu yang jelas.

Dengan adanya tujuan, akan menuntun dan membantu anda untuk tetap fokus pada apa yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan hidup , yang mungkin berbeda dengan apa yang ingin anda lakukan pada saat itu.

baca juga :

Jebakan Finansial Menghantui Kehidupan Kita

Tips Mudah Melakukan Finansial Chekup Keluarga

 

5 Langkah Menentukan Tujuan Keuangan  ( RESEP AMPUH ) Melekkeuangan

 

5 Langkah Menentukan Tujuan Keuangan

 

1. Financial Readiness

Financial Readiness atau kesiapan finansial adalah tujuan pertama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Siap secara financial artinya mempunyai penghasilan..

Penghasilan menjadi modal awal anda untuk mencapai tujuan hidup dan impian finansial yang anda kehendaki. Bagaimana mungkin anda bisa mengelola dan mengembangkan uang anda jika hari ini anda tidak memiliki penghasilan.

Jadi bagi anda yang mungkin baru lulus kuliah atau dalam posisi tidak bekerja segeralah bekerja atau berbisnis untuk memastikan anda mempunyai income.

Jika anda sudah cukup lama tidak bekerja maka saran saya jangan banyak memilih pekerjaan, karena bisa jadi hal itu akan membuat anda down dan bingung tidak tau harus berbuat apa.

Ambil kesempatan yang ada, bukan yang terbaik atau yang menjadi impian anda. Memiliki pekerjaan selama baik dan halal jauh lebih baik daripada berada dalam posisi mencari pekerjaan.

Terus menunda dan menunggu tawaran terbaik tanpa terasa akan membuat anda kehilangan daya saing akibat terlalu lama tidak bekerja.

 

2. Financial Stability

Setelah anda memiliki penghasilan anda akan naik kelas dan dan akan mempunyai keuangan yang stabil. Pada posisi ini menjadi dasar untuk anda memiliki keuangan yang stabil.

Anda harus mulai belajar untuk mengendalikan pengeluaran anda setiap bulannya. Anda sudah bekerja keras setiap bulannya maka pastikan anda tidak menghambur hamburkan uang anda untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif.

Mulailah sisihkan 10% – 20% dari penghasilan anda untuk di tabung dan diinvestasikan. Latihlah hal ini mulai dari 3 bulan pertama. Jika anda sukses melakukannya lanjutkan pola ini 6 bulan setelahnya. Dan lanjutkan lagi 3 bulan kemudian. Tanpa terasa anda sudah 1 tahun membiasakan diri menabung. Dan dari kebiasaan ini akan terbentuk pola yang baik sehingga anda tidak akan kesulitan untuk menyisihkan tabungan setiap bulannya.

Pastikan anda tidak memiliki utang konsumtif yang bisa menjerat anda. Belajarlah untuk menunda keinginan anda ketika anda belum memiliki uang untuk membelinya. Jangan terjebak dengan gaya hidup yang tinggi yang membuat cashflow bulanan anda terkikis setiap bulannya.

 

3. Financial Security

Difase ini seharusnya seluruh kebutuhan anda sudah tercapai. Indikatornya adalah Anda sudah memiliki rumah bagi keluarga tercinta anda. Walaupun pembelian dilakukan secara kredit tetapi cicilan yang ada masih dalam batas aman tidak lebih dari 30% penghasilan anda setiap bulannya.

Anda juga harus  menyiapkan dana pendidikan jika hari ini anda sudah memiliki anak. Jangan menunda nunda untuk mempersiapkan hal ini karena inflasi untuk pendidikan diIndonesia lebih tinggi daripada inflasi untuk kebutuhan pokok.

Inflasi pendidikan yang terjadi sekitar 10% -15% setiap tahunnya. Jika hari ini untuk masuk fakultas kedokteran Rp 200.000.000 maka 18 tahun mendatang angkanya akan menjadi Rp 1.000.000.000 . Siapkah anda untuk menyiapkan angka sebesar itu…?

Satu hal yang tidak kalah penting adalah anda harus menyiapkan dana pensiun untuk hari tua anda. Banyak sekali contoh kasus dimasyarakat yang terjadi bahwa pensiunan karyawan terpaksa harus bekerja lagi di umur 60 karena uang pensiunannya habis.

Hal ini terjadi karena kurangnya persiapan yang dilakukan dimasa muda. Padahal jika anda rutin menyisihkan 10% income anda setiap bulannya selama anda kerja maka seharusnya hal diatas tidak perlu terjadi. Pastikan anda memiliki tabungan untuk persiapan hari tua anda.

 

4.Financial Freedom

Ini adalah kondisi yang banyak diimpikan oleh banyak orang, dimana pada kondisi ini penghasilan pasif anda sudah bisa memenuhi pengeluaran anda sehari hari. Artinya tanpa anda bekerja lagi anda tetap bisa memenuhi gaya hidup anda tanpa perlu menurunkan lifestyle anda.

Bagi anda yang belum mengerti apakah penghasilan pasif mari kita bahas sejenak. Pada dasarnya penghasilan dibagi 2 yaitu penghasilan aktif dan penghasilan pasif…

Penghasilan aktif didapat dengan menukarkan waktu anda atau perlunya peranan anda disana agar penghasilaan ini bisa didapat…
contohnya : Anda bekerja, Anda menjadi self employee seperti punya toko atau warung tetapi membutuhkan kehadiran anda.

Sedangkan penghasilan pasif adalah penghasilan yang didapat tanpa perlu adanya anda didalamnya. Sementara income akan terus masuk bahkan pada saat anda tidur.
Contohnya: Penghasilan sewa ruko,kos kosan, Capital gain emas, Saham, Unitlink, Deposito Syariah

Bagi anda yang sudah masuk kategori FINANCIAL FREEDOOM saya ucapkan selamat. Artinya selama ini anda sudah mengelola keuangan dengan sangat baik. Anda orang yang tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif, sebaliknya anda sanggup menunda kenikmatan untuk mengumpulkan aset yang akan dijadikan pasif income.

 

5. Financial Legend

Mungkin fase Finansial Freedom adalah tujuan akhir dari banyak orang. Tetapi ada satu istilah lagi yang di ciptakan oleh Bapak Lim Tung Ning didalam buku 6 Keranjang 7 Langkah. Silahkan anda baca buku tersebut. Saya sangat merekomendasi untuk menambah ilmu anda dalam pengelolaan keuangan.

Financial legend disini berarti warisan berharga yang akan anda tinggalkan kepada anak cucu anda. Meski anda sudah meninggalkan dunia ini tapi warisan yang anda tinggalkan akan terus bermanfaat dan berguna bagi banyak orang.

Warisan disini tidak harus berupa uang tunai tetapi anda juga bisa memberikan sebuah semangat atau pemikiran bagi keluarga yang hasilnya bisa dinikmati oleh banyak orang. Dengan anda membuat sebuah buku anda meninggalkan warisan ilmu yang bermanfaat untuk banyak orang.

Salah satu contoh lain adalah dengan anda membentuk suatu yayasan atau mungkin perusahaan yang orientasi dari profitnya adalah untuk sosial dan membantu orang orang yang kurang mampu.

Itulah yang dimaksud financial legend. Sebuah warisan sebuah legenda.

 

5 Langkah Menentukan Tujuan Keuangan  ( RESEP AMPUH ) Melekkeuangan

Memulai Tujuan Keuangan

 

Nah bagi anda yang saat ini belum memiliki tujuan Keuangan pastikan anda mulai merencanakan dan menetapkan mau dimana titik finisnya atau akhirnya. Dengan mulai merencanakan dan memutuskan dengan detail mau ada dititik mana anda berada pada akhirnya, itu akan membuat anda tidak hidup datar datar saja didunia ini.

Anda akan memiliki semangat baru untuk bisa lebih bermanfaat dan berguna untuk banyak orang tidak hanya hidup ini dihabiskan untuk memenuhi keinginan diri sendiri saja.

Mungkin juga bagi anda yang hari ini merasa kosong dalam hidup walaupun sudah banyak memiliki kelimpahan harta tetapi belum bahagia cobalah untuk bisa lebih berkontribusi untuk kepentingan banyak orang.

Dan bagi anda yang hari ini baru mengetahui mengenai cara menentukan tujuan keuangan jangan berkecil hati. Tidak ada kata terlambat dan segeralah memulai step demi step sampai anda bisa menjadi finansial legend.

Semua orang punya kesempatan yang sama untuk bisa meraih kesuksesan. Karena semua orang diciptakan spesial. Dan anda harus mencamkan hal ini baik baik… Anda tidak hanya spesial Anda merupakan produk Limited Edition yang Allah ciptakan dimuka bumi ini. Maka dari itu hiduplah dengan kepala yang tegap dan raihlah kesuksesan finansial anda.

Jika mindset anda berubah setelah mengetahui ilmu ini dan suatu hari kelak anda berhasil meraih Finansial Legend silahkan anda hubungi saya dan berikan cerita menarik itu kepada saya. Dengan senang hati saya akan membacanya. Semoga suatu hari nanti anda dan saya bisa sama sama meraih kesuksesan .

 

Demikianlah artikel 5 langkah menentukan tujuan keuangan. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai hal ini silahkan hubungi saya .

Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan mengKLIK tombol share dibawah ini agar sedikit ilmu ini tidak berhenti di anda saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: