Arti Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan Anda

Arti Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan Anda

Pendidikan di indonesia umumnya mengajarkan kepada anda untuk siap di dunia pekerjaan . Berbagai macam dasar ilmu berkembang yang bertujuan untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Bisa dikatakan pendidikan yang selama ini anda tempuh mengajarkan anda cara mencari uang tetapi tidak dengan perencanaan keuangan.

Hal ini sangat wajar karena setelah anda lulus anda pasti akan berfikir bagaimana mendapatkan penghasilan. Sayangnya anda hanya diberi bekal ilmu untuk mencari penghasilan tetapi tidak diberi pembekalan yang cukup untuk bagaimana mengelola keuangan setelah mendapat penghasilan.

Itu sebabnya hari ini cukup banyak sekali orang yang hebat sekali menghasilkan income tetapi juga sangat hebat untuk menghabiskannya. Tidak ada perencanaan keuangan sama sekali dan cenderung masuk dalam gaya hidup hedonisme dan hidup hanya mengejar lifestyle.

Akibat dari semua itu maka sangat marak sekali saat ini generasi millineal yang saat ini terlilit hutang kartu kredit, kredit online, tidak mengenal investasi , dan sama sekali tidak mempersiapkan masa pensiunnya. Mereka berfikir jalan keluar dari persoalan keuangan mereka adalah dengan bekerja lebih keras lagi agar penghasilannya meningkat.

 

perencanaan keuangan untuk masa depan

 

Hal itu tidak sepenuhnya salah karena berusaha menambah income adalah merupakan sesuatu hal yang baik tetapi kalau cara anda mengelola uang masih berantakan maka anda akan selamanya berkutat dengan permasalahan keuangan yang pelik yang ujung ujungnya akan menurunkan produktifitas anda.

Anda pasti akan lelah karena selama ini merasa sudah capek bekerja seharian penuh, tetapi setelah bekerja bertahun tahun tidak ada aset yang terbangun malahan semakin hari justru tumpukan hutang yang menghantui hidup anda.

Solusi dari semua permasalahan diatas adalah anda harus mengetahui perencanaan keuangan yang baik dan benar. Dengan mengetahui ilmu financial planning anda akan lebih efisien dalam mengelola uang anda, bisa mengelola resiko dengan baik, dan tidak akan terjebak dengan investasi bodong yang memberikan penawaran bombastis untuk merayu korbannya.

Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui arti penting perencanaan keuangan untuk masa depan anda.

 

Arti Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan Anda

 

 perencanaan keuangan untuk masa depan

 

Mungkin anda sudah pernah mendengar kata perencanaan keuangan sebelumnya . Sekarang ini banyak sekali cara untuk mempelajari perencanaan keuangan baik lewat media elektronik, buku, ebook, seminar. Apakah sebenarnya perencanaan keuangan itu.

Menurut Prita Ghozie disalah satu artikelnya perencanaan keuangan atau Financial Planning  adalah sebuah proses dimana seorang individu berusaha untuk memenuhi tujuan-tujuan finansialnya melalui pengembangan dan implementasi dari sebuah rencana keuangan (financial plan) yang komprehensif.

Dari pengertian diatas bisa kita ibaratkan perencanaan keuangan ibarat sebuah guide, GPS atau panduan tentang bagaimana anda memenuhi tujuan keuangan anda dan bagaimana anda mengeksekusinya. Kalau anda masih bingung saya akan menyederhanakan lagi.

Ibaratnya anda sedang pergi untuk pertama kali ke Bali. Anda belum pernah sebelumnya kesana dan buta sama sekali jalan dan daerah disana. Sementara anda harus pergi ke suatu lokasi Uluhwatu misalkan. Bagaimana cara anda untuk menuju kesana???

Yups dizaman teknologi seperti sekarang ini sangat mudah sekali anda tinggal membuka smartpone anda dan anda menggunakan alat bantu GPS dengan aplikasi Google Maps atau Waze. Dengan mengisi titik awal anda dan titik tujuan anda maka aplikasi akan segera memberikan anda arahan kepada anda jalan mana yang harus di tuju.

Dengan menggunakan aplikasi GPS maka anda tidak akan salah jalan, nyasar dan tentunya akan menghemat waktu anda karena anda tidak perlu berhenti dijalan untuk bertanya, menerka nerka jalan untuk menuju lokasi yang anda tuju.

Analogi diatas itu sama halnya dengan kehidupan keuangan anda. Perencanaan keuangan atau finansial planning itu ibarat guide yang memandu anda untuk mewujudkan tujuan keuangan anda. Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan termasuk saya dan anda tentunya.

Tujuan keuangan setiap orang berbeda beda, tapi yang umum dan banyak menjadi fokus antara lain tujuan membeli rumah, tujuan mempersiapkan pensiun, mempersiapkan pendidikan anak, untuk biaya ibadah, atau mempersiapkan aset untuk anak anak anda.

 

baca juga : 5 langkah menentukan tujuan keuangan anda

 

Aspek Penting Perencanaan Keuangan

Setelah anda mengetahui apakah perencanaan keuangan itu dan seberapa pentingnya maka anda perlu juga untuk mengetahui aspek aspek apa saja yang harus anda persiapkan . Hal ini sangat penting untuk mendukung anda mencapai tujuan keuangan anda.

 

a. Harus mengetahui dengan jelas tujuan keuangan anda

Hal pertama yang dimulai ketika anda ingin memulai perencanaan keuangan, anda harus tau dengan jelas apakah tujuan keuangan anda. Hal ini sangat penting karena bagaimana anda mau memulai kalau tujuannya saja belum jelas. tentukan diawal apa yang menjadi tujuan keuangan anda apakah pendidikan anak, pensiun, atau ibadah.

 

b. Harus mengetahui jangka waktu atau time limit kapan mencapainya

Setelah anda mengetahui dan menentukan tujuan keuangan anda maka step selanjutnya adalah menentukan kapan tujuan itu akan diwujudkan. Time limit ini wajib ada karena kalau tidak ada jangka waktunya maka anda tidak akan bisa mewujudkan tujuan keuangan anda dengan baik

Seperti permainan sepak bola dibatasi dengan time limit 2×45 menit pertandingan akan disudahi dan akan dilihat siapa pemenangnya. Apa jadinya jika tidak ada time limitnya, pastinya pertandingan akan berjalan membosankan karena pemain akan bingung dan tidak ada semangat mencetak angka karena tidak jelas kapan akan berakhirnya sebuah pertandingan.

 

c. Harus ada rencana kerja yang dibuat dengan jelas

Setelah anda mengetahui kapan time limitnya maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat strategi bagaimana cara anda mewujudkan tujuan keuangan anda. Buat dengan detail dan rinci tentang rencana kerja yang anda susun. Dan hal paling penting disini adalah anda harus segera take action atau memulai.

Penundaan hanya akan membuat anda semakin jauh dari tujuan keuangan yang ingin anda capai. Mulai jalankan rencana kerja yang telah dibuat agar anda bisa memenuhi tujuan keuangan anda sebelum time limit anda habis.

 

d. Harus ada income yang dimiliki untuk mendukung rencana kerja

Percuma saja anda telah menetapkan tujuan keuangan, menentukan limit waktu dan membuat rencana kerja untuk mewujudkan rencana anda jika saat ini tidak ada yang tersisa dari income anda yang bisa digunakan untuk mendukung rencana kerja anda.

Karena adanya income sangat diperlukan untuk mendukung tujuan keuangan anda. Jika hal ini belum anda miliki maka mulailah dengan mencari income terlebih dahulu. Anda bisa bekerja atau berbisnis untuk mendapatkan penghasilan.

 

e. Harus ada evaluasi secara berkala untuk mereview hasilnya

Ketika Rencana kerja sudah dilakukan perlu anda evaluasi secara berkala apakah cara yang diambil berjalan sesuai rencana atau tidak. Dan jika berjalan kurang baik anda masih memiliki waktu untuk merubah cara anda. Hal ini sangat penting untuk memastikan anda bisa mewujudkan tujuan keuangan yang ingin anda capai.

 

Contoh Membuat Tujuan Keuangan

 

Agar anda lebih paham lagi saya akan memberikan contoh dari pembahasan diatas.

tujuan keuangan yang dipilih adalah Merencanakan biaya pernikahan , estimasi biaya yang dibutuhkan 75 juta

Rencana menikah 5 tahun lagi ( Time Limit )

asumsi kenaikan harga (inflasi) setiap tahunya 7%/ tahun

Bagaimana cara untuk membuat action plannya ?

 

menghitung tujuan keuangan

 

Hal pertama yang harus anda hitung adalah menghitung time value of money atau nilai uang dimasa mendatang.

rumusnya adalah  FV = PV x 1+i pangkat t

Fv adalah Future Value atau nilai masa depan

PV adalah present value atau nilai sekarang

i adalah inflasi / interst

t adalah time

atau anda bisa menggunakan aplikasi finansial kalkulator untuk mempermudah anda menghitung.

Dari data diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Asumsi biaya pernikahan 75 juta di tahun 2018 ini dengan asumsi kenaikan 7% per tahun maka akan menjadi 105 juta di tahun 2023.

Setelah mengetahui nilai masa mendatangnya anda bisa membuat rencana dengan mulai berinvestasi di deposito syariah yang memberikan bagi hasil nett 5% per tahun

lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

membuat tujuan keuangan
perencanaan keuangan

Dari data diatas anda bisa melihat jika anda membutuhkan 105 juta untuk persiapan pernikahan anda dengan pilihan investasi deposito syariah yang memberikan imbal hasil 5% nett per tahun maka anda perlu menabung sebesar 19 juta per tahun agar di tahun ke 5 total uang yang anda kumpulkan akan menjadi 105 juta .

 

Hal terakhir yang harus di perhatikan adalah evaluasi min 1 tahun sekali untuk melihat perkembangan anda menuju tujuan keuangan anda. Dicontoh diatas instrument investasi yang dipilih adalah deposito yang memberikan bagi hasil yang pasti.

Jika tujuan keuangan yang anda pilih time limitnya jangka panjang lebih dari 15  tahun anda bisa memilih instrumen investasi yang lebih high risk high return seperti di reksadana saham. dan karena perkembagan hasil investasi di saham tidak bisa dipastikan anda harus mereviewnya secara berkala.

Perencanaan keuangan adalah sesuatu yang bersifat berkelanjutan. Ketika lajang mungkin tujuan keuangan anda hanya biaya pernikahan, biaya pembelian rumah. tetapi setelah berkeluarga maka anda pasti akan memiliki tujuan keuangan yang lain seperti perencanaan pendidikan anak jika sudah memiliki anak, perencanaan pensiun dan lain lain.

Maka dari itu penting sekali untuk anda untuk terus mempelajari perencanaan keuangan secara terus menerus. Anda bisa membuat perencanaan keuangan itu sendiri Tetapi ditengah kesibukan seseorang sangat wajar sekali kalau anda tidak memiliki waktu untuk memantau dan merencanakan keuangan anda secara baik

Maka dari itu anda bisa menggunakan jasa seorang perencana keuangan yang akan membantu anda untuk merencakanan tujuan keuangan anda, mereview secara berkala dan dan anda bisa berkonsultasi untuk semua permasalahan keuangan anda.

Jika anda membutuhkan reverensi konsultan keuangan dapatkan disini

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: