Ini Dia, 6 Tips Membeli Perhiasan Emas Di Toko

Ini Dia, 6 Tips Membeli Perhiasan Emas Di Toko

Melekkeuangan.id,– Berinvestasi dalam emas itu mudah, menyenangkan, dan menguntungkan. Dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa salah satu investasi paling cerdas adalah membeli perhiasan emas. . Emas memancarkan kemewahan, kelas dan menandakan stabilitas keuangan. Jadi bisa dikatakan emas adalah uang.

Maka dari itu tidak heran bahwa toko emas selalu dipenuhi oleh kaum perempuan karena dengan mengenakan perhiasan dari emas maka akan menambah rasa percaya diri .

Sebenarnya untuk sarana berinvestasi lebih disarankan untuk membeli emas lantakan atau emas batangan. Hanya banyak yang lebih senang dengan membeli emas perhiasan karena bisa dipakai dan dipergunakan, alih alih sambil berinvestasi.

Karena nilai uang sebenarnya didukung oleh emas, logam mulia ini diminati di mana pun bahkan di seluruh dunia. Dengan inflasi kenaikan dan penurunan yang tak terduga di pasar, emas adalah salah satu perlindungan kokoh terhadap ketidakpastian ini.

Tetapi selalu ingat, emas bukan sekedar ornamen. Emas sama nilainya dengan uang, dengan harga yang cenderung naik di masa yang akan datang. Tapi banyak yang masih melakukan kesalahan saat membeli emas di toko perhiasan.

Penting sekali untuk mengetahui cara membeli emas yang baik sebelum anda membeli emas perhiasan. Di artikel ini, kami akan memberi tips membeli perhiasan emas di toko yang perlu diketahui.

 

perhiasan emas

 

Tips Membeli Perhiasan Emas Di Toko

Perhiasan emas sudah menjadi pilihan banyak orang, salah satunya di kalangan kaum hawa. Namun tidak ada salahnya ketika membeli emas perlu memperhatikan beberapa tips membeli perhiasan emas di toko. Inilah beberapa tips membeli perhiasan emas di toko

 

1. Ketahui Tingkat Kemurnian Emas

Dalam setiap paduan emas, ada 24 unit yang disebut sebagai “karat”. Ketika Anda membeli emas yang memiliki 24 karat, itu berarti Anda memiliki emas murni 100% yang tidak tercemar.

Berdasarkan proporsi, jika emas 24 karat adalah 100% murni, emas 10 karat adalah 41,7% murni (secara matematis dinyatakan sebagai 10/24 = 41,7%).

Jadi, aturan umumnya adalah: Nilai emas sebanding dengan kemurniannya – semakin murni emas, semakin tinggi nilainya.

Tapi itu tidak berarti Anda harus selalu bertujuan untuk melihat tingkat kemurnian yang lebih tinggi ketika Anda ingin membeli emas.

Emas murni sangat lunak dan mudah rusak. Jika Anda berniat memakainya setiap hari, maka pilihlah potongan RENDAH-KARAT. Kisaran ini sekitar 10, 12, dan 14 karat. Potongan berkarat rendah terbuat dari emas dan logam lain yang membuat paduan lebih kuat.

Untuk cincin dan gelang yang terkena gesekan dengan permukaan yang keras, yang terbaik adalah membeli potongan 10 dan 12 karat.

Untuk kalung dan anting-anting yang aman dari benturan dan benturan, 14 – 18 karat cocok digunakan. Potongan TINGGI-KARAT yang berkisar antara 18-24 karat adalah yang terbaik untuk acara-acara khusus, pesta dan acara seremonial.

 

2. Ketahui Paduan Warnanya

Emas 24 karat murni tampak kuning dan manawan tetapi tidak terlalu praktis untuk membeli emas murni karena lunak dan mahal.

Inilah sebabnya, seperti yang telah kita bahas, metode untuk membuat perhiasan adalah dengan mencampur emas dengan logam kuat lainnya. Karena barang-barang ini biasanya tidak lebih dari emas 18 karat, logam lainnya mempengaruhi warna kuning dan menghasilkan paduan dengan warna yang berbeda.

Saat membeli emas, Anda tidak harus terfokus pada warna kuning keemasan saja.

Berikut adalah beberapa warna emas yang perlu Anda ketahui :

a. Kuning emas
Ini adalah warna yang terlintas dalam pikiran ketika kita mengatakan emas. Faktanya, kata ’emas’ ada dalam bahasa disebut sebagai warna, disamakan dengan madu atau sinar matahari.

Namun, tidak semua perhiasan emas kuning sebenarnya adalah emas. Seperti yang Anda tahu, pelapisan umum untuk perhiasan emas dan kadang-kadang sengaja dilakukan untuk menjaga penampilan emas kuning.

 

b. Emas putih
Ini terlihat seperti versi perak yang lebih cerah dan sepopuler kuning-emas untuk cincin pertunangan. Emas putih kadang-kadang dipasangkan dengan emas-kuning dalam barang-barang yang lebih dikenal sebagai dua-warna. Emas putih terbuat dari logam putih (mis. Paladium, nikel atau mangan) yang lebih kuat dari emas.

 

c. Rose gold
Sebuah paduan emas dengan rona merah muda, rose gold telah menjadi sensasi cincin pertunangan! Untuk mendapatkan blush on pink, tembaga ditambahkan ke emas, seringkali 14 karat atau kemurnian 58,5%. Versi karat tertinggi dari paduan ini dikenal sebagai Crown Gold, dibuat dengan 75% emas dan 25% tembaga.

 

3. Cek Keadaan Fisiknya Terlebih Dahulu.

Pada saat anda ingin membeli Perhiasan emas lihat dan periksa dengan teliti keadaan perhiasan. Cek kembali apakah ada cacat , lecet, bekas benturan dan apakah ada noda hijau pada pori porinya.

Noda tersebut adalah tanda bahwa perhiasan tersebut belum di cuci dengan benar dan masih terdapat bekas noda kimia. Ditakutnya hal ini akan membuat kulit anda alergi jika anda memiliki kulit yang sensitif.

Taukah anda jika pada saat anda menjual perhiasan emas anda maka petugas toko akan mengecek dengan seksama dan jika ada sedikit lecet pada perhiasan maka akan mengurangi harga jualnya.

Maka dari itu sudah seharusnya anda melakukan hal yang sama pada saat membeli.

 

4. Cek Harga Emas Saat Ini

Sebelum membeli maka baiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu harga emas saat ini. Anda bisa mengecek website dari Pegadaian, atau dari Antam karena disana pasti akan memberikan harga emas up to date dari hari ke hari.

Cek juga trennya saat ini apakah sedang naik atau sedang turun. Jika harga emas sedang dalam tren naik yang tajam seperti saat kondisi saat ini di Indonesia saat kondisi pandemi corona boleh anda tunda terlebih dahulu pembelian perhiasan anda.

 

harga emas

 

Karena bisa dipastikan harga perhiasan akan mahal dikarenakan harga emas dunia sedang tinggi tingginya. Anda bisa menyimpannya terlebih dulu di tabungan tanpa atm atau deposito syariah sehingga uang anda akan tetap aman dan anda tidak gatal untuk dibelanjakan.

Tetapi jika anda berencana untuk tukar tambah maka pembelian boleh dilakukan karena harga jual emas perhiasan pasti juga sedang tinggi saat ini.

Jadi disatu sisi anda membeli perhiasan emas dengan harga tinggi tapi juga menjualnya dengan harga yang tinggi pula. Maka itu adalah tindakan yang baik dan menguntungkan untuk anda.

 

5. Beli di Toko Emas Terpercaya

Saat membeli emas pastikan anda membeli di tempat yang terpercaya dan aman. Jadi selain dari kelengkapan dan banyaknya varian emas yang ada, pastikan anda mengecek bagaimana harga jualnya.

Ada beberapa toko emas yang akan memberikan potongan yang besar jika pembeliannya tidak ditoko tersebut. Dan memang tidak disarankan ketika anda membeli di toko A dan menjual di toko B. Jadi pastikan anda memilih toko langganan anda.

 

6. Silahkan Simpan Surat Pembelian Emas

Ketika anda membeli emas perhiasan anda akan mendapatkan nota. Nota tersebut biasanya berisi harga perhiasan, berat dan kadarnya, lalu biasanya petugas akan menggambar bentuk perhiasan anda di nota tersebut.

Simpan itu dengan baik dan jangan sampai tercecer karena itu merupakan bukti anda membeli perhiasan di sebuah toko emas. Jika nota pembelian itu hilang maka anda akan kesulitan untuk menjual perhiasan anda.

Dan jika dijualpun maka harga dari perhiasan anda akan turun karena tidak ada surat pembeliannya. Jangan sampai karena hal yang sepele anda mengalami kerugian pada saat menjual perhiasan anda.

baca juga :

13 tips investasi yang aman dan menguntungkan untuk pemula

Dahulukan Investasi atau Lunasi Hutang ya???

 

Perhiasan emas juga memiliki fungsi ketika anda sedang dalam keadaat financial yang sulit anda bisa menggadaikan di bank syariah terdekat dan merubah perhiasan anda menjadi uang tunai. Maka dari itu silahkan simpan perhiasan emas anda dengan baik.

Dan jika anda memiliki emas dalam bentuk logam mulia maka tidak disarankan untuk menyimpannya di rumah. Anda bisa menyewa SDB atau save deposit box untuk menyimpan emas anda. Karena penyimpanan di SDB di bank akan melindungi emas anda dari maling , kebakaran , dan resiko lainnya.

Demikianlah beberapa tips membeli perhiasan emas di toko. Semoga bisa menjadi wawasan dan ilmu baru untuk anda. Jika dirasa bermanfaat silahkan share ke rekan dan saudara anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: