13 Tips Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Pemula [Terlengkap]

13 Tips Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Pemula [Terlengkap]

Kata Investasi menjadi kata yang cukup sering didengar di Indonesia. Berbagai penawaran dan iklan dari berbagai macam perusahaan Investasi pasti sering anda dapatkan baik melalui telephone, email, bahkan tidak jarang iklan dari Perusahaan Investasi muncul di feed Facebook atau Instagram anda. Mungkin masih banyak pertanyaan dibenak anda selama ini.

Kenapa sih harus Investasi ???

Apa pentingnya buat saya ???

Berapa yang harus diinvestasikan ???

dan akhirnya anda mulai mencari cari info di Internet mengenai Tips investasi yang aman dan menguntungkan untuk pemula

Tenang saja semua pertanyaan anda diatas akan kita bahas di artikel ini sehingga anda punya ilmu dan cara pandang yang baru mengenai Investasi.

yuk tanpa berlama lama mari kita bahas tips investasi yang aman. Untuk anda yang sudah berpengalaman boleh juga membaca artikel ini untuk refreshment atau pengingat. Karena seorang investor ahli pun pasti berawal dari pemula juga.

Jadi yang masih pemula dan masih awam banget dengan investasi jangan minder ya..

Banyak temennya koq.

 

tips investasi untuk pemula

 

13 Tips Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Pemula [Terlengkap]

 

Banyak yang masih bingung dengan investasi selama ini. Mungkin ada temen anda yang bilang ayo mulai investasi tapi giliran ditanya sebenernya maksud berinvestasi itu apa sih, eh bingung sendiri doi. Dalam hati pasti anda bilang kamu aja ngak tau maksudnya eh nyuruh nyuruh saya untuk investasi . ( sambil garuk garuk kepala….hehe )

Tapi hal itu cukup wajar dan banyak dimasyarakat Indonesia. Karena kata investasi itu cukup efektif menarik masa dalam jumlah yang besar. Coba aja anda dengar cerita teman anda kalau doi baru dapat untung sejumlah xxx dari Produk investasi “Pasti Bablas”, saya yakin anda akan tergiur juga dan mulai kepo dan tanya tanya gimana caranya.

Bulan pertama dapet untung , bulan kedua masih untung, eh bulan ketiga beneran bablas itu duit investasi sama kayak nama produknya “Pasti Bablas”. hehe

Pernah denger kejadian kayak diatas ???

Pasti pernah ya ,malah mungkin sering banget anda lihat berita di TV tentang perusahaan xxx melarikan duit

membernya, penipuan investasi bodong, dan lain sebagainya.

Koq bisa kayak gitu ya???

Hal diatas sangat mungkin terjadi dan pasti akan terus terjadi selama mindset dalam berinvestasi belum benar. Keinginan besar masyarakat untuk menjadi Kaya Cepat tanpa perlu kerja keras telah membuat banyak orang masuk ke dalam investasi bodong, penipuan investasi dll.

Ayolah anda harus sadar bahwa menjadi kaya itu butuh proses dan hari gini kalau ada iming iming janji investasi yang tidak wajar harusnya anda sudah harus waspada.

Nah agar anda tidak ikut terjebak hal yang sama silahkan anda lanjut membaca artikel ini sampai habis. ( Mau siapin kopi apa kacang koro dulu boleh deh, saya tungguin). hehe

 

Apa Sih Maksudnya Investasi itu ?

Jadi begini simpelnya Investasi itu ibarat sebuah kendaraan atau alat transportasi yang akan membawa anda dari titik awal menuju titik akhir. Jadi misalkan anda ada rencana pergi ke Jakarta sementara tempat tinggal anda saat ini di Jogja.

Nah anda bisa memilih kendaraan apa yang akan anda pilih untuk menuju ke jakarta. Ada berbagai opsi yang bisa anda pilih. Naik Pesawat biar cepat bisa, ah naik kereta aja biar enak bisa tidur dulu, atau naik bus aja supaya lebih murah.

Tapi saya sukanya naik motor sekalian touring, boleh juga koq orang jalan kaki aja boleh koq . Yang penting kan sampe juga ke Jakarta yang membedakan hanya waktu sampainya saja. Jika naik pesawat 1 jam sampai, naik kereta 4 jam , naik bus 6 jam (lewat tol ya biar cepet), naik motor mungkin 10-12  jam, kalau jalan kaki saya ngak tau ya sampenya berapa jam. Silahkan yang sudah coba nanti bisa share ke saya.hehe

Udah ah serius dari tadi bercanda terus sih … hehe

Jadi analogi diatas sama kayak investasi ketika anda ingin berinvestasi hal pertama yang harus anda punya adalah titik tujuan. Anda harus tau dulu tujuan berinvestasi itu untuk apa? , berapa yang dibutuhkan ? , kapan uangnya dibutuhkan ? Kalau itu semua anda tidak bisa jawab lalu untuk apa anda berinvestasi? Pasti akan absurb dan tidak jelas karena tidak ada tujuannya.

Ketika anda sudah tau titik tujuan anda maka sekarang anda lihat titik start anda sekarang ada dimana. Setelah itu baru anda mau naik kendaraan investasi apa untuk mencapainya.

Wah masih berat mas belum paham…

Oke oke saya akan berikan contoh biar lebih jelas.

Jadi misal anda punya tujuan keuangan menikah dan anda sudah tau dibutuhkan uang 150juta dan acara pernikahan anda itu akan diadakan 3 tahun lagi. Dan saat ini anda memiliki dana 75jt. Nah dari sini bisa kita bedah bahwa

 

Biaya-nikah

 

Tujuan keuangan : Menikah

Titik start : 75jt

Titik akhir : 150jt (asumsi tidak melihat inflasi ya agar simple)

Time limit : 3 tahun lagi

 

Nah dari sini anda punya waktu 3 tahun lagi untuk mengumpulkan uang 75 jt lagi agar terkumpul 150jt untuk biaya pernikahan anda. Nah peran INVESTASI disini adalah sebagai kendaraan yang akan membawa anda menuju tujuan keuangan anda.

Jadi dari situ anda bisa menentukan investasi apa yang cocok yang akan membantu anda mencapai tujuan keuangan anda. Silahkan pilih mau Saham, Reksadana, deposito syariah.

oke dilain waktu saya akan bahas lebih detail mengenai arti dan maksud investasi secara lebih dalam lagi.

saatnya kembali ke laptop ya alias ke materi pokok yaitu

 

13 Tips Investasi Yang Aman Untuk Pemula

Apa aja sih sebenarnya tips tips yang harus anda perhatikan ketika ingin berinvestasi. Yuk langsung kita bahas…

 

1.  Miliki Mindset dan Pemahaman yang Benar Mengenai Investasi

Setiap bangunan yang kuat pasti memiliki pondasi yang kokoh. Pondasi yang kokoh membuat bangunan tidak mudah goyang atau berpotensi rusak jika ada gangguan. Maka untuk memulai investasi pastikan anda memiliki mindset yang benar mengenai investasi.  Agar anda tidak salah langkah ketika berinvestasi.

Diatas sudah saya gambarkan secara sederhana apa maksud dari investasi dan apa peranannya dalam kehidupan keuangan anda. Investasi adalah kendaraan yang akan membantu anda untuk mencapai tujuan keuangan anda. Jadi berhenti untuk bermimpi ingin cepet kaya melalui investasi

Bagi yang masih berfikir demikian ayo lekas bangun, mungkin tidur anda terlalu miring. Mulailah investasi dengan tujuan yang jelas sehingga anda ada dijalur yang benar.

 

2.  Investasikan Uang anda di Tempat yang anda Pahami

Ketika anda akan mulai berinvestasi maka pastikan anda memahami akan investasi yang anda lakukan. Anda harus menjadi pemegang kendali penuh dari investasi yang anda punya. Warren Buffet seorang investor sukses dan salah orang terkaya dunia pernah memberikan tips bahwa dia hanya akan berinvestasi pada bidang yang dia pahami.

Maka pastikan anda pelajari lebih dahulu instrumen investasi yang ingin anda ikuti . Dizaman sekarang sangat banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan baik dari buku, artikel di internet, youtube , dan media social.

Saya yakinkan kepada anda bahwa resiko investasi akan semakin kecil ketika anda menguasai bidang tersebut. Contoh ada yang bilang saham beresiko tinggi, tapi bagi seorang yang sudah terjun lama dan punya ilmunya maka dia bisa meminimalisir resiko.

Bisa jadi seorang trader saham tersebut justu bilang bisnis kuliner sangat beresiko, mengapa demikian. Tak lain dan tak bukan ya karena trader tersebut tidak memahami bidang bisnis kuliner.

So pastikan anda paham dimana anda meletakkan uang anda.

 

3.  Memulai Sejak Dini

Banyak yang bilang ketika diajak investasi, nanti saja kalau saya sudah kaya baru Investasi. Saya masih banyak kebutuhan belum bisa lah invest invest gitu. Nah cara pikir ini cukup berbahaya. Pertanyaan saya sederhana, kira kira jika sampai tua anda tidak kaya kaya berarti seumur hidup anda tidak berinvestasi???

Investasi bukan masalah anda kaya atau tidak. Justru dengan berinvestasi anda bisa melindungi uang anda dari bahaya inflasi. Karena salah satu tujuan dari berinvestasi adalah menjaga nilai uang anda di masa depan.

Jika tidak anda investasikan maka semakin lama nilai uang anda akan semakin menurun. Dizaman sekarang ada pencuri yang tidak kelihatan dan tidak bisa ditangkap oleh Polis. Taukah anda siapa pencurinya???

Yap pencuri itu bernama Inflasi…

tanpa sadar uang anda semakin sedikit nilainya.. Jika dulu pegang uang 100rb dibelanjakan ke supermaket bisa pulang bawa 2 tas, saat ini bisa bisa anda hanya bisa membawa 1 tas saja.

Mulailah berinvestasi sejak anda bisa menghasilkan uang. Sisihkan minimal 10% dari income anda untuk berinvestasi. Jika anda melakukan itu dan berjalan rutin maka itu akan menjadi pola dan tanpa sadar anda akan melakukan hal itu sampai tua nanti.

 

4. Konsisten Dalam Berinvestasi

Penting sekali untuk konsisten dalam hidup ini. Hampir semua orang sukses pasti memiliki sifat ini, karena kesuksesan pasti tidak lepas dari kerja keras dan didalam kerja keras tersebut pasti ada faktor konsistensi.

Begitu pula dalam investasi anda harus konsisten agar tercipta kebiasaan yang akan terbawa sampai tua nanti. Akan lebih baik anda rutin menyisihkan 10% tiap bulan dibandingkan dengan anda investasi besar tapi ritme tidak jelas. Kalo ada uang lebih ya investasi kalo ngak ya ngak usah.

Mungkin ada dari anda yang belum sadar dasyatnya kekuatan konsisten ini. Misalkan saja anda rutin sejak mulai bekerja menyisihkan 10% dari income anda. Dan setiap anda naik gaji anda juga ikut menaikkan nilai investasi anda setiap bulannya maka anda akan kaget sendiri melihat hasilnya nanti di hari tua.

Mungkin jika anda ada waktu silahkan buat simulasinya melalui exel. Ketika anda membuat angkanya sendiri maka akan membuat anda makin yakin bahwa hal itu sangat mungkin terjadi.

Bruce lee pernah berkata bahwa dia tidak takut melawan orang yang hanya berlatih 1 x dengan 1000 jurus tetapi bruce lee takut dengan orang yang hanya berlatif 1 jurus tapi dilakukan selama 1000x. Jadi jangan lupa konsisten ya.

 

5. Tetapkan Tujuan Keuangan dengan Jelas

Jika anda memiliki tujuan yang jelas maka akan memotivasi anda untuk cepat menuju goal tersebut. Pastikan sebelum anda berinvestasi anda menentukan tujuan apa yang ingin anda capai. Sudah saya sampaikan dipembahasan sebelumnya bahwa hal ini sangat penting dan akan berpengaruh sekali.

Ketika anda berinvestasi tanpa tujuan yang jelas maka anda tidak akan memiliki motivasi yang kuat untuk mencapainya. Dan jika ada godaan godaan diskon datang maka bisa jadi anda akan menggunakan uang investasi anda untuk hal hal yang sebetulnya tidak anda butuhkan.

 

6.  Jika Punya Hutang Konsumtif Fokuslah Untuk Melunasinya.

Sebelum anda berinvestasi pastikan anda cek terlebih dahulu neraca keuangan anda. Cek dengan cermat apakah anda masih memiliki hutang konsumtif. Jika iya stop untuk berinvestasi dan fokuslah untuk menyelesaikan secepatnya.

Kok gitu mas???

Ya iya dunk sekarang gini coba anda bayangkan misal anda investasi dengan membeli produk SUKUK dengan imbal hasil 8%/ tahun tapi disisi lain anda punya hutang kartu kredit dengan bunga 2,5%/bulan atau 30% pertahun.

Disatu sisi uang anda bertambah 8% pertahun tapi anda juga harus membayar bunga 30% di kartu kredit anda.

Jika anda belum jelas tentang hal ini silahkan baca artikel saya sebelumnya.

baca juga :

6 Langkah Melunasi Hutang Konsumtif (Terbukti Ampuh)

Tips Mengenali Hutang Baik dan Hutang Jahat

 

7.  Pisahkan Rekening Operasional dan Rekening untuk Investasi

Jangan pernah campurkan antara rekening Harian dengan rekening untuk Investasi. Buatlah satu rekening khusus yang siap anda transfer setiap bulannya sebesar 10% dari income anda.  Jangan sampai anda campurkan semua keuangan anda di 1 rekening. Jika itu terjadi maka akan rawan untuk terpakai .

Untuk mempermudah silahkan pilih instrumen investasi yang mempunyai fasilitas autodebit sehingga anda akan dipaksa untuk rutin berinvestasi karena tiap bulan akan otomatis terpotong dari rekening investasi anda.

 

8.  Sisihkan di Depan bukan Sisakan di Belakang

Salah satu alasan banyak orang tidak bisa untuk berinvestasi dikarenakan mereka melakukannya diakhir bulan. Ketika gajian diawal bulan uang dipakai untuk kebutuhan, cicilan, dan pengeluaran lain lain. Setelah itu baru dilihat apakah ada sisa diakhir bulan atau tidak.

Kalau ada akan diinvestasikan jika tidak ya sudah…

Jika polanya seperti ini saya jamin anda sampai tua tidak akan pernah bisa untuk berinvestasi.

Jadi untuk merubahnya anda harus menyisihkan didepan . Ketika hari gajian tiba langsung potong 10% untuk investasi hari tua anda.

 

9.  Cek Profil Resiko Anda 

Ketika anda sudah membulatkan tekat untuk berinvestasi itu adalah langkah awal yang sangat baik. Tetapi sebelum itu coba lakukan cek profil resiko anda. Dengan melakukan ini maka akan membuat anda bisa tidur dengan nyaman.

Jika profil resiko anda adalah konservatif maka silahkan pilih instrumen investasi yang aman. Jika profil resiko anda moderat anda boleh menkombinasikan antara instrumen yang aman dan instrumen yang memiliki resiko tetapi memiliki potensi return yang besar.

Sementara untuk anda yang memiliki profil resiko yang agresif anda bisa memilih untuk berinvestasi di saham. Karena anda sudah bisa menerima resiko yang ada di instrumen investasi tersebut.

 

10.  Lakukan Review Berkala 

Ketika anda sudah berinvestasi maka perlu untuk anda cek secara berkala. Minimal setahun 2 kali anda melakukan review apakah hasil investasi anda berjalan baik atau tidak. Sehingga jika ada yang tidak sesuai harapan maka anda bisa mengambil tindakan agar tujuan keuangan anda tetap sesuai jalur.

Langkah yang bisa diambil antara lain merubah instrument investasi, melakukan top up atau menambah jumlah investasi dalam sekali pembayaran. Jangan sampai anda cuek dan tidak pernah mengecek hasil investasi yang anda miliki.

 

11.  Cari Mentor

Semakin lama anda berinvestasi maka anda akan menemukan komunitas komunitas yang sama dengan anda. Dari sana cobalah untuk mencari orang yang sudah ahli dan sudah berpengalaman agar anda bisa berkonsultasi mengenai instrumen investasi anda.

Jika anda mempunyai budget lebih anda bisa menggunakan jasa investor profesional untuk melakukan review agar investasi anda lebih maksimal.

Ketika anda belajar dari seorang ahli maka akan menyingkat waktu anda untuk menguasai bidang investasi ini.

 

12.  Lakukan Diversifikasi

Ada istilah dalam investasi bahwa jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang. Jika keranjang itu pecah maka semua telur akan pecah.

Analogi diatas sama dengan investasi ketika sudah mahir anda harus melakukan diversifikasi atau membagi modal  anda menjadi beragam jenis intrument investasi.

Contohnya ketika anda mendapatkan keuntungan dari saham silahkan alihkan keuntungan yang anda dapatkan untuk menbeli property.

Dan ketika anda mendapatkan keuntungan dari hasil sewa property anda maka belikan emas. Dengan begitu maka anda akan memiliki investasi yang beragam dan jika terjadi resiko penurunan disalah satu investasi anda, maka bisa tergantikan diinvestasi anda yang lain.

 

13.  Rutin Bersedekah

Sehebat hebatnya manusia merencanakan tetap Tuhan yang menentukan. Jika anda melihat bursa saham hari ini ada penurunan yang sangat tajam dibandingkan awal tahun. Bisa dibilang harga rata rata saham saat ini sama dengan harga 4 tahun lalu.

Virus covid -19 yang melanda dunia turut membuat ekonomi dan bursa dibeberapa negara turun signifikan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena bagaimanapun Tuhan lah yang menentukan.

Maka dari itu ketika anda mendapatkan keuntungan dari hasil Investasi anda jangan sampai anda melupakan Tuhan karena semua rejeki berasal darinya.

Rutinlah bersedekah dan membantu banyak orang lain. Karena rejeki ibarat kran air, semakin anda buka lebar maka akan sumber mata air akan semakin besar masuk ke hidup anda.

 

Sekian artikel tentang 13 Tips Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Pemula . Semoga isi dari artikel ini bermanfaat untuk anda.

Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Plus, jika anda merasa konten ini bermanfaat, silahkan dibagikan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: