5 Tips Liburan Keluarga Tanpa Bikin Dompet Jebol

5 Tips Liburan Keluarga Tanpa Bikin Dompet Jebol

Libur panjang di akhir tahun memang selalu menjadi hal yang ditunggu tunggu semua orang. Semua tempat wisata , sarana transportasi, travel agen bisa dipastikan kebanjiran pengunjung di setiap momen libur akhir tahun. Hal ini sudah dijadikan sebagai hal wajib yang diagendakan rutin setiap tahunnya.

Tetapi sering kali liburan yang mengasikkan bersama dengan keluarga kurang dipersiapkan secara matang secara keuangan. Dan akhirnya setelah liburan berakhir yang terjadi adalah tabungan habis tak bersisa, tagihan kartu kredit yang menumpuk karena asik di gesek ketika momen liburan.

Bahkan ada yang menghabiskan anggaran belanja bulanan di bulan januari untuk dipakai berlibur di akhir tahun ini. Sehingga ketika masuk bulan januari anda bingung harus membiayai kebutuhan karena semua ikut terhanyut di liburan akhir tahun kemarin.

Adanya momen natal dan tahun baru memang menjadi momen yang pas untuk mengambil cuti dan berlibur untuk melepas penat setelah setahun lebih berkutat dengan rutinitas pekerjaan. Pemerintah pun biasanya menetapkan di tanggal tanggal akhir tahun untuk agenda cuti bersama.

Sehingga libur 3-4 hari ditambah cuti membuat momen liburan terasa lebih nikmat karena anda bisa memiliki waktu yang cukup untuk berlibur dengan keluarga. Karena pentingnya momen liburan ini dan sudah dijadikan rutinitas setiap tahunnya maka penting sekali untuk dibuatkan rencana keuangan untuk kebutuhan liburan ini.

Tujuannya agar keuangan anda tetap terkontrol dan aman walaupun anda sudah menghabiskan banyak uang pada saat liburan akhir tahun anda bersama dengan keluarga. Baca terus sajian renyah ini dan dapatkan tips liburan keluarga tanpa bikin dompet jebol.

 

tips liburan keluarga

 

Liburan Sudah Menjadi Kebutuhan Hidup

Pada dasarnya manusia dalam hidup ini pasti memiliki kebutuhan. Melalui wikipedia kebutuhan manusia dikenal sebagai kebutuhan primer yaitu kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal). Tetapi di zaman sekarang ini ada satu lagi kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang yaitu liburan.

Rutinitas kerja harian yang menuntut manusia untuk mengeluarkan semua potensi diri membuat munculnya rasa penat dan stres . Akibatnya untuk menetralisir hal ini banyak orang yang mengambil liburan untuk memberikan otak waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fresh dan siap untuk bekerja kembali.

Kebutuhan akan liburan yang diperlukan manusia bisa dilihat dari macetnya jalan jalan pada saat liburan, penuhnya tempat hiburan, kebun binatang, wisata alam dan lainnya. Begitu juga tingkat okupasi hotel biasanya akan melonjak tajam pada saat momen liburan.

Walaupun harga yang dipatok hotel terasa tidak masuk akal dibanding hari biasa tetapi tetap saja ada orang yang rela membayar mahal. Tiket pesawat , kereta bisa jadi juga menjadi lebih mahal dibanding hari biasa. Ada juga tempat wisata yang menaikkan tarif khusus pada saat momen liburan.

Semua hal diatas tidak mungkin terjadi kalau tidak ada permintaan yang banyak. Sesuai hukum ekonomi bahwa pada saat kebutuhan meningkat sedangkan sumber daya terbatas maka otomatis harga akan naik. Dan anda bisa melihat bahwa untuk yang namanya liburan maka berapapun harga yang dipatok tetap akan dibayar.

Dorongan hasrat ingin memberikan hadiah untuk pasangan anda, putra putri anda maka berapapun harga pasti anda rela untuk membayarnya. Karena dimomen ini anda dan keluarga juga bisa memaksimalkan waktu berkeluarga tanpa perlu memikirkan pekerjaan. Bagaimana setujukah anda kalau hari ini liburan sudah menjadi kebutuhan hidup.

Bahaya Keuangan Setelah Masa Liburan

sehat keuangan
sehat keuangan

Seperti bahasan sebelumnya diatas bahwa momen liburan yang penting sering sekali tidak dipersiapkan matang secara keuangan. Alih alih ingin menghilangkan stres dengan berlibur dengan keluarga tercinta anda, setelah pulang bukannya pikiran anda menjadi fresh justru yang ada anda malah tambah stres karena masalah keuangan.

Banyak faktor yang membuat hal ini bisa terjadi. Beberapa hal sudah saya sebutkan dibahasan sebelumnya. Bisa jadi anda tidak memiliki tabungan yang cukup tetapi anda memaksakan diri untuk liburan karena mungkin teman teman atau saudara anda berlibur semua.

Atau mungkin ketika berlibur anda over budget sehingga banyak membeli barang barang yang tidak perlu, memesan hotel yang tidak masuk budget anda dan banyak menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat liburan anda.

Sehingga ketika anda pulang liburan dan kembali dari negeri khayalan dan kembali ke realita kehidupan anda justru stres membayar semua tagihan yang sudah anda belanjakan pada saat liburan. Niat hati ingin memberikan hadiah liburan kepada pasangan dan keluarga malah membuat percekcokan dengan pasangan karena masalah keuangan yang timbul setelah liburan.

Hal ini sungguh sangat ironis sekali dan sumber dari semua permasalahan diatas adalah tidak adanya persiapan secara keuangan. Tidak ada yang salah dengan liburan, kalau dilakukan perencanaan secara matang liburan bisa menjadi obat mujarab untuk kembali memulihkan fisik, pikiran, perasaan anda agar produktifitas anda bisa lebih maksimal kembali kedepannya.

Banyak orang yang rutin liburan produktifitasnya meningkat dengan pesat dan ujung ujungnya memberikan keuntungan untuk karier dan bisnisnya. Tetapi ada juga yang selalu liburan tetapi setelah liburan malah tambah stres. Harapannya liburan tidak pernah berakhir dan tidak ingin kembali ke rutinitas kerja. Semua hal ini bisa terjadi dan pilihannya ada ditangan anda.

Ada beberapa tips keuangan yang bisa anda perhatikan agar liburan anda tidak mengganggu kondisi keuangan anda.

baca juga:

10 tips jitu membuat perencanaan keuangan sendiri

Kartu kredit pisau bermata dua untuk milenial Indonesia

 

5 Tips Liburan Keluarga Tanpa Bikin Kantong Jebol

 

1.Persiapkan Dana liburan Anda

Karena anda sudah menyadari bahwa liburan merupakan sebuah kebutuhan dan anda juga mengetahui bahwa ketika momen liburan tiba maka semua harga itu menjadi jauh lebih mahal maka yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan secara keuangan.

Yang bisa anda lakukan adalah membuka suatu akun rek khusus yang peruntukannya khusus untuk tujuan liburan. Pilihlah fitur tabungan tanpa atm atau anda juga bisa membuka tabungan rencana syariah. Tujuannya adalah agar anda tidak mudah mencairkan dana dari rek ini . Karena kalau tersedia atm ketika anda butuh uang maka rek ini akan sangat mudah anda ambil.

Kalau hal ini terjadi maka hancur sudah perencanaan dana liburan anda. Tentukan berapa biaya yang anda butuhkan untuk akomodasi dan transportasi liburan anda setiap tahunnya. Besarnya angka ini sangat relatif dan masing masing orang pasti berbeda.

Contohnya jika anda dan pasangan sudah menentukan budget untuk biaya berlibur adalah 6jt rupiah maka anda tinggal membaginya ke dalam 12 bulan. Sehingga anda tinggal menyisihkan 500rb saya setiap bulannya kedalam rekening ini sehingga setelah setahun maka akan terkumpul dana sesuai dengan harapan anda.

Hal yang sangat penting yang perlu anda lakukan adalah disiplin dalam mengisi rekening liburan anda. Kalau anda tidak rutin mengisi rekening liburan anda setiap bulannya maka bagaimana mungkin akan tercapai tujuan keuangan untuk dana liburan anda.

 

2.Manfaatkan Promo

Di zaman yang sudah modern ini semuanya bisa dibeli hanya didepan laptop anda. Bahkan hanya dengan mengklik layar smartphone anda maka semua barang bisa datang tanpa perlu anda mengunjungi tokonya. Demikian juga dengan pemesanan hotel, pembelian tiket masuk tempat wisata, pemesanan pesawat,kereta anda bisa memesan semuanya via online.

Menjamurnya aplikasi pemesanan hotel dan pesawat secara online membuat anda sebagai pengguna sangat dimanjakan. Hal ini dikarenakan aplikasi booking online tersebut sering sekali memberikan promo promo menarik secara berkala. Persaingan yang ketat antar perusahaan membuat banyak sekali kesempatan anda mendapatkan promonya.

Dan ketika anda menemukan harga yang murah ditanggal yang sudah anda persiapkan maka anda bisa mengambil dananya dari rekening liburan anda. Karena sudah dipersiapkan maka tidak akan menganggu cashflow bulanan anda. Anda bisa memantau harga via traveloka, pegi-pegi,tiket.com dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa membandingkan dari 1 aplikasi ke aplikasi lainnya.

Jadi jangan pernah anda melakukan pemesanan hotel atau transportasi secara tradisional dengan datang langsung ke lokasi. Karena dari pengalaman pribadi saya merasa bahwa pembelian secara online sangat sangat jauh lebih murah. Contoh saja pada waktu ke solo saya pernah memesan 1 room di Hotel LOR IN Solo hanya seharga 250rb padahal waktu saya lihat harga publish rate dikamar tersebut 550rb.

Jadi untuk menghemat budget anda jangan malas untuk membandingkan antar aplikasi agar anda mendapat harga terbaik dan manfaatkan promo yang ada agar anda bisa meminimalisir biaya akomodasi anda.

 

3.Jangan Bawa Kartu Kredit Anda Saat Liburan

Ketika anda akan berangkat liburan Silahkan anda pakai semua uang yang ada direkening liburan yang sudah anda persiapkan. Tidak perlu membawa uang berlebih dan tinggalkan saja semua kartu kredit anda. Ya anda tidak salah membaca , ketika anda pergi liburan jangan pernah bawa kartu kredit anda.

Jangan sampai anda terjebak dengan godaan godaan diskon pada saat anda berlibur. Bisa jadi barang barang yang didiskon tersebut tidak anda perlukan. Pakailah saja uang tunai yang sudah anda persiapkan di rekening liburan anda.

Ketika anda tidak membawa kartu kredit maka anda akan terhindar dari potensi over spend. Maksudnya adalah ketika anda bertransaksi dengan kartu kredit maka uang tunai anda tidak akan berkurang. Hal itu membuat pikiran bawah sadar anda merasa bahwa uang tunai anda masih banyak sehingga tanpa sadar anda akan lebih boros. Anda harus tetap ingat bahwa transaksi menggunakan kartu kredit akan ditagihkan dibulan berikutnya.

Dengan bertransaksi dengan uang tunai maka pikiran diotak akan merespon bahwa uang anda berkurang setiap anda bertransaksi . Sehingga anda bisa mengerem ketika pengeluaran anda dirasa sudah cukup besar. Dan anda harus menyesuaikan pengeluaran anda sesuai dengan budget yang dari awal anda tetapkan.

Jadi sesuai contoh diatas jika budget yang ditetapkan 6jt maka maksimal pengeluaran anda selama liburan adalah 6jt rupiah tidak kurang dan tidak lebih. Silahkan habiskan saja semua dana liburan yang anda miliki karena memang hal itu dipersiapkan untuk momen liburan anda.

Jika hal ini dilakukan maka tidak akan ada masalah keuangan setelah liburan anda berakhir. Anggaran bulanan anda juga akan aman karena uang yang anda pakai berlibur sudah tersedia dananya.

 

4. Jangan Memaksakan Diri

Hal terakhir yang perlu anda ketahui adalah menyadari kemampuan finansial anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk berlibur jika anda tidak memiliki dana untuk berlibur. Jangan pernah anda memaksakan berlibur hanya karena gengsi dan terlihat keren dimata orang lain.

Pada hakikatnya liburan itu bertujuan untuk membantu anda untuk merelaxkan tubuh dan pikiran anda dari rutinitas kerja. Jadi kalau anda hanya liburan untuk pencitraan dimedia sosial agar terlihat gaya, keren, gaul menurut hemat saya hal itu tidak penting.

Jangan juga memaksakan diri untuk liburan diatas dari kemampuan finansial anda. Jika kemampuan financial anda terbatas maka jangan memaksakan diri memesan hotel di bintang 5. Apalagi anda melakukan pembeliannya secara hutang. Pilihlah hotel sesuai dengan kemampuan anda. Saat ini cukup banyak hotel dengan fasilitas baik dengan harga murah.

Toh ketika anda berlibur biasanya hotel hanya menjadi tempat tidur semata karena aktifitas anda banyak dilakukan diluar. Lebih baik anda pakai uang anda untuk kebutuhan yang lain seperti untuk makan keluarga, atau tiket masuk tempat wisata, ataupun oleh oleh.

Dan jika anda tidak memiliki budget untuk liburan maka anda bisa juga berlibur dirumah bersama keluarga anda. Anda bisa menonton film2 secara online hanya bermodalkan kuota internet, anda bisa juga memanfaatkan waktu untuk membersihkan rumah anda. Jika rumah anda bersih maka akan enak dilihat dan membuat suasana hati menjadi baik.

Anda juga bisa pergi ke taman kota untuk sekedar duduk duduk santai bersama keluarga anda. Jadi tidak harus liburan menghabiskan uang banyak. Dengan liburan yang murah pun asalkan dihabiskan bersama keluarga tercinta anda juga akan bahagia. Tidak perlu iri melihat orang orang disekitarkan anda yang sedang liburan.

 

5. Jangan Pernah Berhutang Untuk Liburan Anda

Saat ini cukup banyak orang yang memanfaatkan pembelian tiket pesawat atau booking hotel dengan melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Bahkan saat ini disalah satu starup unicorn indonesia traveloka menyediakan fitur paylater atau pesan dulu bayar belakangan. Dengan memesan tiket pesawat dan hotel maka tagihan ini bisa dibayar secara kredit.

Saya sendiri tidak setuju dengan fitur ini. Karena bisa membuat banyak orang akan terjebak dalam budaya hutang. Anda harus mengingat bahwa cicilan yang timbul harus anda bayar dan itu bisa menggerus anggaran bulanan anda. Jadi bijaklah dalam berhutang. Jangan sampai godaan promo dan hasrat ingin liburan membuat anda justru terjebak dalam hutang konsumtif.

Sekali lagi jangan pernah memaksakan diri anda. Jika memang kondisi keuangan tidak memungkinkan tidak perlu anda berhutang hanya untuk liburan. Percayalah bahwa liburan anda tidak akan menyenangkan karena setelah selesai berlibur anda akan dikejar kejar oleh cicilan yang anda buat.

Dan kalau anda sudah terbiasa melakukan hal ini dan terjebak dalam hutang konsumtif maka kehidupan keuangan tidak akan pernah baik. Karena salah satu poin penting dalam merencanakan keuangan adalah dengan membabat habis hutang konsumtif.

 

Semoga tips liburan keluarga diatas bermanfaat untuk anda dan anda bisa berlibur dengan tenang setiap tahunnya jika sudah mempersiapkan dana liburan anda.

Dan bagi anda yang sedang berlibur saya ucapkan selamat berlibur. Silahkan anda nikmati liburan anda agar anda bisa lebih produktif lagi setelahnya. Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: